ADVERTISEMENT

Wah! Putin Dibiarkan Gelisah Tunggu Erdogan Saat Pertemuan di Teheran

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Jul 2022 16:57 WIB
Russian President Vladimir Putin, right, listens to Turkish President Recep Tayyip Erdogan during their meeting at the Saadabad palace, in Tehran, Iran, Iran, Tuesday, July 19, 2022. (Sergei Savostyanov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat bertemu di Teheran, Iran pada Selasa (19/7) waktu setempat (Sergei Savostyanov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Teheran -

Presiden Rusia Vladimir Putin dibiarkan menunggu dan tampak gelisah selama 50 detik oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjelang pertemuan keduanya di Teheran, Iran, pada Selasa (19/7) waktu setempat.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/7/2022), peristiwa itu mendorong media-media lokal Turki untuk membandingkannya dengan peristiwa serupa di Moskow, ibu kota Rusia beberapa tahun lalu. Saat itu Putin membuat Erdogan dan para pemimpin negara lainnya menunggu dirinya.

Pertemuan di Iran merupakan yang pertama antara Putin dengan seorang pemimpin negara anggota NATO sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari lalu.

Laporan media Inggris, The Guardian, menyebut wartawan menangkap momen ketika Putin masuk ke dalam ruangan pada Selasa (19/7) waktu setempat dengan harapan Erdogan segera mengikuti dirinya. Namun Putin dibiarkan berdiri sendirian dengan canggung di depan kerumunan wartawan dan jepretan kamera.

Sebuah video yang dirilis oleh kantor kepresidenan Turki menunjukkan Putin berdiri di depan kursinya dan bendera nasional kedua negara, dengan tangannya terkatup dan mulutnya berkedut.

Pemimpin Rusia yang biasanya tenang itu tampak gelisah, terus menggerakkan kakinya dan memberi raut wajah tidak nyaman di depan kamera selama hampir satu menit sebelum dia akhirnya disambut oleh Erdogan.

"Halo, apa kabar, baik?" tanya Erdogan menyapa Putin.

Simak Video 'Momen Putin-Erdogan Temui Presiden Iran':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT