ADVERTISEMENT

Zelensky Pecat Kepala Keamanan dan Jaksa Tinggi Negara

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 18 Jul 2022 03:47 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends a joint statement with European Commission President Ursula, as Russias invasion of Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ( Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeluarkan perintah eksekutif untuk memecat kepala badan keamanan domestik dan jaksa agung. Pemecatan ini dilakukan karena terungkap adanya kerjasama dengan Rusia.

Dilansir Reuters, Senin (18/7/2022) perintah pemecatan Kepala SBU Ivan Bakanov, dan Jaksa Agung Iryna Venediktova ini dipublikasikan di situs resmi presiden.

Ivan Bakanov diketahui merupakan teman masa kecil Zelensky. Sementara Iryna Venediktova, merupakan orang yang memimpin upaya untuk menuntut kejahatan perang Rusia di Ukraina.

Sementara itu dalam posting Telegram terpisah, Zelensky mengatakan dia telah memecat pejabat tinggi tersebut karena banyak kasus terungkap dari anggota agensi mereka yang bekerja sama dengan Rusia.

Dia mengatakan 651 kasus pengkhianatan dan kolaborasi telah dibuka terhadap pejabat kejaksaan dan penegak hukum. Selain itu lebih dari 60 pejabat dari badan-badan Bakanov dan Venediktova sekarang bekerja melawan Ukraina di wilayah-wilayah yang diduduki Rusia.

"Serangkaian kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional negara seperti itu ... menimbulkan pertanyaan yang sangat serius bagi para pemimpin terkait," kata Zelensky.

"Masing-masing pertanyaan ini akan mendapat jawaban yang tepat," katanya.

Selain itu, dalam perintah eksekutif terpisah yang juga dipublikasikan di situs presiden disebutkan Zelensky menunjuk Oleksiy Symonenko sebagai Jaksa Agung baru.

Simak Video: Haru, Pemakaman Anak 4 Tahun yang Tewas Karena Rudal Rusia

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT