ADVERTISEMENT

Mendiang Ivana Trump dalam Kenangan Donald Trump

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Jul 2022 20:36 WIB
Jakarta -

Ivana Trump, mantan istri Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) Donald Trump meninggal dunia. Ivana meninggal dunia di usia ke-73 tahun.

Kabar Ivana meninggal dunia disampaikan Donald Trump melalui platform media sosialnya Truth Social. Seperti dikutip dari AFP, Jumat (15/7/2022), Donald Trump menyampaikan kabar duka itu tanpa penyebab kematian Ivana.

Meski Donald Trump tidak menyebutkan penyebab kematian, juru bicara kepolisian menyampaikan Ivana ditemukan tewas di bawah tangga di dalam apartemennya.

"(Ivana Trump) meninggal di rumahnya di New York City," tulis Donald Trump.

Menurut laporan The New York Times, seperti dikutip dari Reuters, seorang pejabat penegak hukum yang tidak mau dikutip namanya mengatakan tidak ada unsur kesengajaan atas kematian Ivana. Ivana diduga jatuh dari tangga.

Sementara itu, Departemen Pemadam Kebakaran New York menyampaikan adanya panggilan ke apartemen atas serangan jantung. Namun belum ada keterangan resmi terkait penyebab kematian Ivana.

Donald Trump mengenang mendiang Ivana sebagai sosok wanita hebat dan inspiratif. Donald Trump mengungkap perasaan bangganya saat bersama Ivana.

"Dia adalah wanita yang hebat, cantik, dan luar biasa, yang menjalani kehidupan yang hebat dan inspiratif," kata Donald Trump.

"Kebanggaan dan kegembiraannya adalah ketiga anaknya, Donald Jr., Ivanka dan Eric. Dia sangat bangga dengan mereka, seperti kami semua sangat bangga padanya. Istirahat lah dengan tenang, Ivana!" tambahnya dalam postingan tersebut.

Ivana Trump meninggalkan seorang ibu, tiga anaknya dan 10 cucu. Trump dan Ivana menikah pada tahun 1977. Dia dikaruniai tiga orang anak. Anak pertama mereka, Donald Jr lahir akhir tahun 1977. Kemudian Ivanka lahir pada 1981, dan Eric menyusul pada 1984.

Ivana memiliki nama asil Ivana Marie Zelnickova. Dia lahir 20 Februari 1949 di Gottwaldov Cekoslowakia.

Menurut biografinya yang diposting oleh CMG Worldwide, Ivana menghabiskan sebagian besar masa mudanya dalam kompetisi ski untuk sistem nasional Cekoslowakia, kemudian bersaing untuk Universitas Charles di Praha, di mana dia memperoleh gelar master dalam pendidikan jasmani dan bahasa.

Dia kemudian menjadi pemain ski profesional George Syrovatka, baru kemudian mulai menjadi model untuk agensi Audrey Morris di Montreal.

Selama karirnya di dunia model, pada tahun 1976, dia bertemu Donald Trump dan mereka menikah sembilan bulan kemudian. Dijelaskan juga Ivana berperan dalam membangun citra media Trump pada 1980-an, ketika mereka adalah salah satu pasangan kekuasaan paling terkemuka di New York City.

Donald Trump dan Ivana Trump bercerai pada awal 90-an dan pada 1993 calon presiden menikahi Maples.

Ivana melanjutkan untuk menikmati karir bisnisnya sendiri yang sukses, mengembangkan pakaian, perhiasan dan produk kecantikan dan menulis sejumlah buku.

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT