ADVERTISEMENT

Kuburan Massal 8 Ribu Korban Pembantaian Nazi Ditemukan di Polandia

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 14 Jul 2022 04:06 WIB
Ilustrasi makam
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Warsaw -

Kuburan massal berisi abu manusia yang setara dengan 8 ribu jenazah ditemukan di utara Warsaw, Polandia. Abu 8 ribu jenazah itu ditemukan tepat di dekat bekas kamp konsentrasi Nazi.

Seperti dilansir AFP, Kamis (14/7/2022), Institut Peringatan Nasional Polandia menyelidiki kejahatan yang dilakukan selama pendudukan Nazi di Polandia dan era komunis. Lembaga tersebut mengatakan jenazah itu digali di dekat kamp konsentrasi Soldau, yang sekarang dikenal sebagai Dzialdowo, di utara Warsawa.

Kala itu, Nazi memang sempat membangun kamp ketika menduduki Polandia selama Perang Dunia II. Mereka menggunakannya sebagai tempat transit, interniran dan pemusnahan bagi orang Yahudi, lawan politik dan anggota elit politik Polandia.

Penyelidik Tomasz Jankowski menjelaskan perkiraan angka 8 ribu orang tewas ini didapatkan dari temuan abu jenazah seberat 17,5 ton. Perkiraan ini didasarkan pada berat abu yang mana setiap dua kilogram abu kira-kira sesuai dengan satu tubuh jenazah manusia.

"Para korban yang dimakamkan di kuburan massal mungkin dibunuh sekitar tahun 1939 dan sebagian besar milik elite Polandia," kata Jankowski.

Sementara itu, berdasarkan perkiraan, jumlah tahanan yang terbunuh di Soldau mencapai 30.000 orang. Meski begitu jumlah sebenarnya tidak pernah ditetapkan.

Berdasarkan sejarah, pada tahun 1944, otoritas Nazi memang sempat memerintahkan tahanan Yahudi untuk menggali mayat dan membakarnya. Langkah ini dilakukan untuk menghapus bukti kejahatan perang.

Tonton juga Video: Rusia Hancurkan Bangunan Sekolah di Ukraina, Zelenskiy: Kejahatan Nazi di Eropa

[Gambas:Video 20detik]




(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT