ADVERTISEMENT

Penembakan Brutal di Afsel Renggut 19 Nyawa, 2 Orang Ditangkap

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 12 Jul 2022 11:42 WIB
Insiden penembakan terjadi di sebuah bar yang berada di kawasan Soweto, Afrika Selatan. Polisi setempat menyebut 15 orang tewas akibat penembakan tersebut.
evakuasi korban penembakan di bar di Afrika Selatan (Foto: AP Photo/Shiraaz Mohamed)
Jakarta -

Kepolisian Afrika Selatan (Afsel) telah menangkap dua orang terkait dengan salah satu dari dua penembakan brutal di bar yang menyebabkan total 19 orang tewas. Para korban diyakini berusia antara 19 dan 35 tahun.

Penangkapan itu terjadi di tengah penyelidikan atas penembakan pada Sabtu (9/7) malam waktu setempat di sebuah bar di kota Pietermaritzburg, di provinsi KwaZulu-Natal, di mana empat orang tewas dan delapan terluka ketika dua pria menembaki para pelanggan tanpa pandang bulu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (12/7/2022), dalam sebuah pernyataan, Kementerian Kepolisian menyebut penangkapan itu sebagai "langkah pertama untuk menangkap semua orang yang mendalangi salah satu akhir pekan paling berdarah di negara itu".

Dalam insiden penembakan terpisah, 15 orang lainnya -- di antaranya dua wanita -- ditembak mati pada Minggu (10/7) dini hari saat mereka menikmati malam di kota Soweto, dekat Johannesburg.

Lirandzu Themba, juru bicara Kementerian Kepolisian, mengatakan kepada AFP bahwa polisi yakin mereka yang ditahan "terkait" dengan penembakan di Pietermaritzburg.

Penembakan biasa terjadi di Afrika Selatan, yang memiliki salah satu tingkat pembunuhan tertinggi di dunia, yang dipicu oleh kekerasan geng dan alkohol.

Namun, pembunuhan yang tampaknya acak pada akhir pekan tersebut telah membuat para penyelidik bingung.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT