Ukraina Desak Barat Kirim Lebih Banyak Senjata untuk Lawan Rusia

ADVERTISEMENT

Ukraina Desak Barat Kirim Lebih Banyak Senjata untuk Lawan Rusia

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 09 Jul 2022 14:12 WIB
Smoke rises over the remains of a building destroyed by a military strike, as Russias attack on Ukraine continues, in Lysychansk, Luhansk region, Ukraine June 17, 2022. REUTERS/Oleksandr Ratushniak/File Photo
kerusakan di Ukraina akibat serangan Rusia (Foto: REUTERS/Oleksandr Ratushniak/File Photo)
Jakarta -

Ukraina mendesak negara-negara Barat sekutunya untuk mengirim lebih banyak senjata saat pasukannya berjuang untuk memperlambat gerak maju militer Rusia di wilayah Donbas, Ukraina timur.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Sabtu (9/7/2022), pejabat-pejabat Ukraina mengatakan mereka membutuhkan lebih banyak senjata Barat bermutu tinggi untuk menopang pertahanan mereka.

Oleksiy Danilov, sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina mengatakan Ukraina masih tidak memiliki cukup senjata Barat dan tentara-tentara Ukraina membutuhkan waktu untuk beradaptasi menggunakannya.

Dia pun mengaitkan keberhasilan medan perang dengan kedatangan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) buatan Amerika Serikat bulan lalu.

"Ketika itu masuk, mesin perang Rusia bisa langsung merasakan efeknya," kata Danilov kepada Reuters. Tetapi lebih banyak bantuan militer Barat sangat penting," ujar Danilov.

Andriy Yermak, kepala staf Presiden Volodymyr Zelensky juga mendesak negara-negara Barat untuk mengirim lebih banyak senjata berat untuk melawan apa yang disebutnya "taktik bumi hangus" Rusia.

"Dengan jumlah howitzer, SPG, dan HIMARS yang cukup, tentara kami dapat menghentikan dan mengusir penjajah dari tanah kami," tulis Yermak di Twitter.

Simak Video 'Rusia Jatuhkan Hukuman Penjara Pertama untuk Penentang Perang Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT