Shinzo Abe Ditembak, Berikut 6 Hal yang Diketahui Sejauh Ini

ADVERTISEMENT

Shinzo Abe Ditembak, Berikut 6 Hal yang Diketahui Sejauh Ini

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 08 Jul 2022 13:27 WIB
Shinzo Abe adalah mantan Perdana Menteri (PM) Jepang. Ia ditembak hari ini, Jumat (8/7/2022) dalam acara kampanye di wilayah Nara, Jepang Barat.
Shinzo Abe Ditembak, Simak 6 Hal yang Diketahui Sejauh Ini (Foto: BBC World)
Jakarta -

Shinzo Abe adalah mantan Perdana Menteri (PM) Jepang. Ia ditembak hari ini, Jumat (8/7/2022) dalam acara kampanye di wilayah Nara, Jepang Barat.

Hingga saat ini, kondisi Shinzo Abe pasca ditembak disebut kritis. Berikut sederet informasinya.

Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato

Mengutip dari AFP, Jumat (8/7/2022), mantan PM Jepang Shinzo Abe ditembak saat sedang berpidato. Kemudian, Abe tak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit usai kejadian tersebut.

Shinzo Abe pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang pada tahun 2006 selama satu tahun dan kembali menjabat periode 2012-2020.

Shinzo Abe ditembak hari ini, Jumat (8/7/2022) dalam acara kampanye di wilayah Nara, Jepang Barat.Shinzo Abe ditembak hari ini, Jumat (8/7/2022) dalam acara kampanye di wilayah Nara, Jepang Barat. (Foto: Getty Images/Kent Nishimura)

Pelaku Penembakan Shinzo Abe Ditangkap Polisi

Shinzo Abe ditembak oleh pria bersenjata tak dikenal. Pelaku penembakan tersebut adalah seorang pria usia 41 tahun bernama Yamagami Tetsuya.

Melansir dari NHK, tersangka tidak berusaha melarikan diri setelah menembak Shinzo Abe. Kini, pria tersebut telah ditangkap dan sedang dimintai keterangan di Kantor Polisi Nara Nishi.

Pelaku Penembakan Shinzo Abe: Mantan Angkatan Laut

Informasi yang beredar mengatakan jika Yamagami Tetsuya, pelaku penembakan Shinzo Abe sudah ditangkap polisi. Dilansir dari The Guardian, Jumat (8/7/2022), Fuji TV melaporkan jika pelaku penembakan Shinzo Abe adalah seorag mantan angkatan laut bela diri Jepang.

Pelaku Tembak Shinzo Abe Pakai Senjata Rakitan

Yamagami Tetsuya menembak Shinzo Abe menggunakan shotgun. Berdasarkan keterangan dari NHK, pria tersebut diduga memakai senjata rakitannya sendiri. Tersangka diketahui menembak Abe dari belakang, kemudian Abe terjatuh dan bersimbah darah.

Shinzo Abe Ditembak 2 Kali

Saksi mata mengungkapkan Abe ditembak saat menyampaikan pidato singkat di sebuah acara kampanye menjelang pemilihan majelis tinggi hari Minggu (10/7/2022) mendatang.

"Dia memberikan pidato dan seorang pria datang dari belakang," kata seorang wanita muda di tempat kejadian, dikutip dari NHK, Jumat (8/7/2022).

"Tembakan pertama terdengar seperti mainan. Dia tidak jatuh dan ada letusan besar. Tembakan kedua lebih terdengar, Anda bisa melihat percikan dan asap," tambahnya.

"Setelah tembakan kedua, orang-orang mengelilinginya dan memberinya pijatan jantung," ucapnya.

Shinzo Abe Alami Luka Tembak di Dada dan Leher

Shinzo Abe dilaporkan mengalami luka tembak di dada sebelah kiri dan juga di leher. Pasca penembakan, Shinzo Abe sempat tergeletak di jalanan dengan bersimbah darah.

Shinzo Abe juga dikabarkan mengalami henti jantung dan paru-paru. Istilah henti jantung digunakan di Jepang untuk menunjukkan tidak ada tanda-tanda vital dan umumnya mendahului sertifikasi formal kematian oleh koroner. Kondisi pasti Shinzo Abe hingga saat ini masih belum diketahui.

Simak Video 'Shinzo Abe Tidak Menunjukan Tanda-tanda Vital Usai Ditembak':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT