ADVERTISEMENT

PM Inggris Boris Johnson Mundur Usai Puluhan Pengunduran Diri dalam Kabinet

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 07 Jul 2022 15:55 WIB
London -

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson sepakat untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua Partai Konservatif yang kini berkuasa di negara tersebut. Johnson sebelumnya sempat menolak untuk mengundurkan diri meskipun desakan pengunduran diri semakin kuat.

Seperti dilansir BBC dan The Guardian, Kamis (7/7/2022), laporan pengunduran diri Johnson diungkapkan oleh editor politik media terkemuka Inggris, BBC, Chris Mason, yang melaporkan bahwa Johnson sepakat mundur sebagai ketua Partai Konservatif pada Kamis (7/7) waktu setempat.

Hal itu akan membuka jalan bagi sosok baru menggantikan Johnson sebagai PM Inggris. Diketahui bahwa ketua partai yang berkuasa di Inggris secara otomatis akan menjabat sebagai PM Inggris.

Ditambahkan Mason dalam laporannya bahwa Johnson untuk sementara waktu akan tetap menjabat sebagai PM Inggris hingga ketua baru Partai Konservatif terpilih pada musim gugur nanti.

"Boris Johnson akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif hari ini -- dia akan terus menjabat sebagai Perdana Menteri hingga musim gugur," sebut Mason dalam laporannya.

Dijelaskan Mason lebih lanjut bahwa pemilihan ketua baru Partai Konservatif akan digelar musim panas ini dan pemenangnya akan menggantikan Johnson pada Oktober mendatang.

Dalam pengumuman terpisah usai pernyataan Mason, juru bicara Downing Street atau kantor PM Inggris, menyatakan Johnson akan 'menyampaikan pernyataan kepada negara' pada Kamis (7/7) waktu setempat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT