ADVERTISEMENT

Norwegia Janjikan Bantuan Rp 15,6 Triliun untuk Ukraina Hadapi Rusia

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 02 Jul 2022 17:50 WIB
Ukraines President Volodymyr Zelenskiy welcomes Norways Prime Minister Jonas Gahr Stoere before a meeting, as Russias attack on Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine July 1, 2022. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS
Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Stoere saat berjabat tangan tangan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pertemuan di Kiev pada 1 Juli (Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS)
Kiev -

Norwegia mengumumkan rencana bantuan sebesar 1 miliar Euro (Rp 15,6 triliun) untuk Ukraina. Paket bantuan itu tidak hanya berupa bantuan kemanusiaan, tapi juga mencakup bantuan persenjataan untuk Ukraina yang terus diinvasi Rusia secara militer.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (2/7/2022), paket bantuan itu diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Norwegia Jonas Gahr Stoere saat berkunjung ke Ukraina pada Jumat (1/7) waktu setempat. Dalam konferensi pers di Kiev bersama Presiden Volodymyr Zelensky, Stoere menegaskan Norwegia ingin menyampaikan solidaritas bagi perjuangan Ukraina dalam bertahan hidup.

"Saya ada di sini untuk mengatakan bahwa perjuangan Ukraina tidak hanya untuk Ukraina. Ini tentang sejumlah prinsip mendasar dunia yang kita tawarkan kepada anak-anak kita. Ini tentang keamanan di Eropa, ini tentang nasib tetangga Anda," ujar Stoere.

"Kami akan menjanjikan 1 miliar Euro untuk mendukung negara Anda dan rakyat Anda untuk sisa tahun 2022 dan untuk tahun 2023. Perang ini merupakan pelanggaran hukum internasional. ... Anda memiliki hak untuk mempertahankan diri dan kami memiliki hak untuk membantu Anda mempertahankan diri Anda," cetusnya.

Disebutkan juga bahwa bantuan dari Norwegia untuk Ukraina itu akan diberikan secara bertahap dalam waktu dua tahun. "Untuk bantuan kemanusiaan, rekonstruksi negara, persenjataan dan dukungan operasional untuk otoritas (Ukraina)," demikian pernyataan pemerintah Norwegia secara terpisah.

"Kami berdiri bersama perjuangan rakyat Ukraina untuk kebebasan. Mereka berjuang untuk negara mereka, tapi juga untuk nilai-nilai demokratik kita," imbuh pernyataan itu.

Simak Video 'Bertukar Pikiran Antara Jokowi-MBZ soal Situasi di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT