ADVERTISEMENT

Putin dan Jokowi Bahas Rencana Buka Penerbangan Moskow-Bali

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 01 Jul 2022 07:58 WIB
Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Moskow -

Pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kremlin membahas sejumlah hal. Salah satunya terkait rencana pembukaan penerbangan Moskow-Bali.

"Selama pembicaraan kami dengan Bapak Joko Widodo, kami fokus pada bidang kerja sama yang penting seperti pertukaran kemanusiaan, budaya, wisata, dan pendidikan," ujar Putin dalam sambutannya seperti yang diunggah di situs resmi Kepresidenan Rusia, Jumat (7/1/2022).

"Kami sedang mendiskusikan kemungkinan melanjutkan layanan udara langsung antara Moskow dan pulau resor Bali," kata Putin.

Wacana ini bergulir usai pelonggaran pembatasan COVID-19 bagi pelancong serta aturan bebas visa berlaku.

Putin juga menyebut kerja sama antara keduanya bersifat saling menguntungkan. Pembicaraan barusan adalah juga pembicaraan terkait kerjasama.

"Pembicaraan hari ini dengan Bapak Joko Widodo digelar dalam suasana pembicaran bisnis dan cukup substantif," kata Putin.

Hubungan dagang Rusia dan Indonesia disebutnya berkembang baik. Pada tahun kemarin, hubungan dagang bilateral tumbuh 40% dan naik lebih dari 65% dalam lima bulan pertama di tahun ini.

Selain itu, Putin mendorong adanya kerja sama kemanusiaan hingga memperluas dialog-dialog antaragama antara Indonesia dan Rusia.

"Kerja sama kemanusiaan adalah memperluas dialog antar-wilayah dan antar-agama dengan mempertimbangkan fakta bahwa Indonesia adalah negara Islam terbesar di dunia dalam populasi," imbuh Putin.

"Saya ingin menyebutkan bahwa baru-baru ini delegasi dari wilayah Muslim Rusia mengunjungi Jakarta untuk pertama kalinya dalam sejarah," lanjutnya.

Simak Video 'Jokowi: Indonesia Tak Punya Kepentingan Apapun, Kecuali Perang Selesai':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT