ADVERTISEMENT

Tanah Longsor Terjadi di Austria, Satu Orang Tewas

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 30 Jun 2022 03:05 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Tanah longsor akibat hujan lebat terjadi di Austria Selatan. Satu orang tewas dalam kejadian ini.

Dilansir AFP, Kamis (30/6/2022) tanah longsor ini terjadi pada Rabu (29/6) waktu setempat. Kejadian ini menyebabkan kerusakan yang luas.

Disebutkan rekor hujan turun dari Selasa hingga Rabu memicu tanah longsor, mengirimkan lumpur dan puing-puing ke daerah berpenduduk. Beberapa aliran sungai juga meluap di distrik pegunungan Villach-Land di negara bagian Carinthia, yang berbatasan dengan Italia dan Slovenia.

Presiden Alexander Van der Bellen menyebut kehancuran di Carinthia "dramatis". Ia lantas mengimbau orang-orang untuk menjaga diri sendiri dan orang lain.

Bupati Bernd Riepan mengatakan akibat longsor ini, seorang pria berusia 82 tahun ditemukan tewas. Sementara itu beberapa warga yang dilaporkan hilang saat bepergian dengan mobil berhasil menyelamatkan dirinya sendiri.

Satu komunitas dengan sekitar 1.200 penduduk tetap terputus, kata Riepan kepada AFP. Tidak ada seorang pun di sana yang dilaporkan terluka.

Riepan mengatakan banyak rumah telah terkubur sebagian di distrik tersebut, namun belum diketahui jumlah pastinya. Foto-foto menunjukkan jalan-jalan dan rumah-rumah yang dipenuhi puing-puing sebagian terendam air dan lumpur di Villach-Land.

Austria saat ini mengalami gelombang panas dan pihak berwenang telah memperingatkan akan adanya badai petir.

Para ahli mengatakan perubahan iklim meningkatkan frekuensi dan intensitas gelombang panas dan peristiwa cuaca ekstrem lainnya.

Simak Video 'Dahsyatnya Kerusakan Akibat Banjir Bandang di Austria Dilihat dari Udara':

[Gambas:Video 20detik]




(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT