ADVERTISEMENT

Zelensky Desak Pemimpin Dunia Agar Setop Invasi Rusia Akhir Tahun Ini

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 27 Jun 2022 17:57 WIB
Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends a joint statement with European Commission President Ursula, as Russias invasion of Ukraine continues, in Kyiv, Ukraine June 11, 2022. REUTERS/Valentyn Ogirenko
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jakarta -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada hari Senin (27/6) mendesak para pemimpin dunia untuk melakukan yang terbaik untuk mengakhiri invasi Rusia ke negaranya pada akhir tahun ini.

Sebuah sumber mengatakan kepada kantor berita AFP, Senin (27/7/2022), hal itu disampaikan Zelensky dalam KTT G7 yang berlangsung di Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman.

Dalam pidato tertutupnya melalui tautan video ke pertemuan para pemimpin dunia itu, Zelensky mengatakan kondisi pertempuran akan mempersulit pasukannya saat mereka melakukan perlawanan.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Zelensky menyebut perang yang terus berlangsung hingga melewati musim dingin juga berisiko untuk berlangsung lebih lama lagi. Karena itu dia mendesak para pemimpin G7 untuk melakukan yang maksimal untuk mengakhiri perang pada akhir tahun ini, termasuk dengan mengintensifkan sanksi-sanksi terhadap Rusia.

Terlepas dari sejumlah sanksi yang telah dijatuhkan sekutu-sekutu Barat terhadap Moskow, Zelensky memohon kepada mereka untuk "tidak menurunkan tekanan dan terus memberikan sanksi kepada Rusia secara besar-besaran dan berat".

Dalam pidatonya itu, Zelensky meminta sistem pertahanan antipesawat dan bantuan lainnya.

"Mitra perlu bergerak lebih cepat jika mereka benar-benar mitra, bukan pengamat. Penundaan pengiriman senjata ke negara kami, pembatasan apapun -- ini sebenarnya undangan bagi Rusia untuk menyerang lagi dan lagi," sebut Zelensky dalam pidatonya seperti diberitakan Reuters.

Simak juga Video: Komisi I DPR Harap Kunker Jokowi ke Rusia-Ukraina Wujudkan Perdamaian

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT