ADVERTISEMENT

Kastil Elmau, Tempat Berkumpulnya Para Pemimpin G7

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 26 Jun 2022 11:30 WIB
Kastil Elmau (AFP Photo)
Foto: Kastil Elmau (AFP Photo)
Berlin -

KTT G7 akan digelar pada hari Minggu ini di Elmau, Jerman. Para pemimpin G7 nantinya akan berkumpul di sebuah resor bintang lima.

Dilansir dari AFP, Minggu (26/6/2022) para pemimpin G7 akan berkumpul mulai hari ini di tempat klasik Jerman yang dipilih sendiri oleh mantan kanselir Angela Merkel dan didaur ulang oleh penggantinya kanselir Olaf Scholz.

Kastil Elmau, terletak di Pegunungan Alpen Bavaria, adalah resor bintang lima yang telah diubah menjadi benteng untuk pertemuan tiga hari klub negara kaya. Resor ini sarat akan nuansa negeri dongeng.

Scholz nantinya akan membahas beberapa hal penting dalam KTT G7. Beberapa di antaranya seperti agenda perang Ukraina, krisis pangan global dan kesehatan demokrasi dunia.

"Pertemuan ini untuk percakapan dimulai sebagai G6 dengan enam negara (pada 1970-an) untuk membahas bagaimana menangani krisis minyak saat itu," kata Scholz, Sabtu.

"Sekarang penting bagi kita untuk berbicara tentang situasi hari ini dan memastikan bahwa kita menghentikan perubahan iklim buatan manusia," lanjutnya.

Presiden Jokowi juga akan bergabung dalam pertemuan KTT G7 yang digelar di Elmau ini.

Diketahui bahwa Merkel memilih Kastil Elmau karena pemilik situs itu memiliki riwayat sejarah era Nazi.

Teolog Protestan dan filsuf Johannes Mueller membangun kastil selama Perang Dunia I dan ketika Adolf Hitler naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1933.

Lihat juga Video: Jokowi Bakal Temui Zelensky di Kiev dan Putin di Moskow

[Gambas:Video 20detik]




(rdp/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT