ADVERTISEMENT

Serangan ISIS Tewaskan 15 Petempur Pro-pemerintah Suriah

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 20 Jun 2022 17:15 WIB
Bendera dan logo ISIS. REUTERS
Ilustrasi (dok. Reuters)
Damaskus -

Serangan militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) terhadap sebuah bus di wilayah terpencil Suriah menewaskan sedikitnya 15 petempur pro-pemerintah Suriah. Sejumlah petempur lainnya mengalami luka-luka akibat serangan ini.

Seperti dilansir AFP, Senin (20/6/2022), kelompok pemantau konflik Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, dalam laporannya menyatakan tidak diketahui secara jelas apakah petempur yang tewas merupakan personel militer reguler Suriah atau anggota milisi pro-pemerintah.

Serangan pada Senin (20/6) waktu setempat itu terjadi di ruas jalanan yang menghubungkan kota Raqa, yang pernah menjadi ibu kota kekhalifahan ISIS dan kini di bawah kendali Kurdi, dengan kota Homs yang dikuasai pemerintah Suriah. Syrian Observatory dalam pernyataannya menyebut serangan didalangi oleh militan ISIS.

Disebutkan juga oleh Syrian Observatory bahwa beberapa petempur pro-pemerintah lainnya mengalami luka kritis akibat serangan itu.

Secara terpisah, laporan kantor berita pemerintah Suriah, SANA, mengonfirmasi 13 orang tewas. Dengan mengutip sumber militer, SANA menyebut penyergapan itu terjadi pada Senin (20/6) pagi sekitar pukul 06.30 waktu setempat.

Kepala Syrian Observatory, Rami Abdel Rahman, menambahkan bahwa penyergapan itu menjadi yang paling mematikan sejak serangan serupa di wilayah Palmyra pada awal Maret lalu menewaskan 15 orang.

Serangan lainnya pada bulan lalu yang melibatkan serangan terhadap bus militer di Aleppo dilaporkan menewaskan 10 tentara dan pasukan pro-rezim Suriah. Pelaku serangan disebut sebagai pasukan pemberontak non-ISIS.

ISIS belum merilis pernyataan untuk mengklaim tanggung jawab atas serangan pada Senin (20/6) waktu setempat.

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT