ADVERTISEMENT

Bisik-bisik soal Uji Coba Nuklir Baru Korut Tinggal Tunggu Waktu

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jun 2022 05:03 WIB
Korut uji coba sistem senjata baru yang diklaim akan tingkatkan efesiensi senjata nuklir taktisnya. Uji coba itu diketahui disaksikan langsung oleh Kim Jong Un.
Foto: Ilustrasi nuklir Korea Utara (AP Photo/Lee Jin-man)
Jakarta -

Bisik-bisik terkait uji coba nuklir Korea Utara (Korut) makin santer dibicarakan. Uji coba nuklir terbaru ini hanya soal waktu saja.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (14/6/2022), informasi uji coba nuklir ini diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Korea Selatan (Korsel) Park Jin usai berbicara dengan Menlu Amerika Serikat (AS) Antony Blinken di Washington DC.

Ditegaskan Park bahwa Korut akan membayar harga jika terus maju dan melakukan uji coba nuklir ketujuh, yang dikhawatirkan bisa digelar beberapa hari ke depan.

"Korea Utara telah menyelesaikan persiapan untuk uji coba nuklir lainnya dan saya pikir hanya tinggal keputusan politik yang harus diambil," sebut Park. Sebelum Senin (13/6) waktu setempat, para pejabat Korsel dan AS memperingatkan bahwa Korut nyaris menyelesaikan persiapan semacam itu.

"Jika Korea Utara melakukan uji coba nuklir lainnya, saya pikir itu hanya akan memperkuat pencegahan kita dan juga sanksi-sanksi internasional," imbuhnya.

"Korea Utara harus mengubah pikirannya dan mengambil keputusan yang tepat," cetus Park dalam pernyataannya.

Simak juga '20 Pesawat Tempur Korsel dan AS Beraksi Usai Korut Uji Coba Nuklir':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT