ADVERTISEMENT

Kabinet PM Autralia Catat Rekor Perempuan Terbanyak, 2 Muslim Jadi Menteri

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 01 Jun 2022 12:56 WIB
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) baru Australia Anthony Albanese mengumumkan kabinet kerja pemerintahannya. Siapa saja?

Dilansir SBSNews, Rabu (1/6/2022), Albanese menyatakan jumlah perempuan yang bergabung dengannya mencapai rekor yakni sejumlah 29 orang. Ada 10 orang wanita yang akan menjabat di kabinet kerjanya, 13 di jajaran kementerian, dan enam orang di luar kementerian.

"Ini adalah jumlah wanita terbesar yang pernah bertugas di kabinet Australia," kata Albanese.

Salah satu wanita yang akan menjabat Menteri Pendidikan Anak Usia Dini dan Menteri Pemuda adalah Anne Aly. Anne menjadi wanita Muslim pertama yang akan bertugas di kementerian Australia.

Kemudian ada juga Ed Husic yang juga seorang Muslim. Dia akan menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan.

Berikut ini kabinet kerja Albanese:

-Penny Wong sebagai Menteri Luar Negeri
- Clare O'Neil dipromosikan ke posisi Urusan Dalam Negeri dan Keamanan Siber.
- Katy Gallagher melanjutkan perannya sebagai Menteri Keuangan, Menteri Pelayanan Publik dan Menteri Perempuan.
- Tanya Plibersek akan menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan Air
- Linda Burney akan menjadi wanita Aborigin pertama yang bertugas di kabinet Australia, dia dilantik sebagai Menteri Penduduk Asli Australia

-Patrick Dodson akan menjabat sebagai Utusan Khusus untuk Rekonsiliasi dan Implementasi Uluru Statement from the Heart.
- Malarndirri McCarty akan menjadi Asisten Menteri untuk Penduduk Asli Australia dan Asisten Menteri Kesehatan Penduduk Asli.
- Amanda Rishworth akan menjadi Menteri Layanan Sosial,
- Anne Aly Menteri Pendidikan Anak Usia Dini dan Menteri Pemuda.

Sebelumnya, Albanese juga mengumumkan Wakil Perdana Menteri Richard Marles berperan sebagai Menteri Pertahanan, sementara Jim Chalmers akan menjadi Bendahara. Kemudian, Bill Shorten tetap menjadi Menteri NDIS dan Menteri Layanan Pemerintah, serta Mark Dreyfus sebagai Jaksa Agung.

Kemudian Ed Husic menjadi Menteri Perindustrian dan Ilmu Pengetahuan. Tony Burke juga akan menjadi Ketua DPR serta Menteri Ketenagakerjaan dan Hubungan Tempat Kerja dan Menteri Seni, dan Mark Butler akan menjadi Menteri Kesehatan dan Perawatan Lanjut Usia.

Chris Bowen akan menjadi Menteri Perubahan Iklim dan Energi, dan Catherine King akan menjadi Menteri Infrastruktur, Transportasi dan Pembangunan Regional dan Pemerintah Daerah. Brendan O'Connor akan menjadi Menteri Keterampilan dan Pelatihan dan Jason Clare akan menjadi Menteri Pendidikan.

Julie Collins menjadi Menteri Perumahan Menteri Tunawisma dan Menteri Bisnis Kecil, sementara Michelle Rowland akan menjadi Menteri Komunikasi, dan Madeline King Menteri Sumber Daya dan Menteri Australia Utara.

Murray Watt juga akan menjadi Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dan Menteri Manajemen Darurat. Lalu, Don Farrell menjadi Menteri Perdagangan dan Pariwisata.

Lebih lanjut, Andrew Giles akan menjadi Menteri Urusan Imigrasi, Kewarganegaraan, dan Multikultural. Sementara Pat Conroy mengambil peran sebagai Menteri Industri Pertahanan dan Pembangunan Internasional dan Pasifik.

Anika Wells akan menjadi Menteri Perawatan Lansia dan Menteri Olahraga, dan Kristy McBain Menteri Pengembangan dan Wilayah Industri - keduanya di kementerian luar. Stephen Jones akan menjabat sebagai Asisten Bendahara dan Menteri Jasa Keuangan.

Diketahui, kabinet kerja ini akan dilantik di Gedung Pemerintah pada Rabu (1/6) pagi.

(zap/hri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT