28 Orang Tewas Akibat Hujan Lebat di Timur Laut Brasil

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 29 Mei 2022 03:15 WIB
Transparent umbrella under heavy rain against water drops splash background. Rainy weather concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Julia_Sudnitskaya
Jakarta -

Brasil sedang dilanda oleh hujan lebat yang selama berhari-hari melanda wilayah metropolitan Recife, ibu kota negara bagian Pernambuco timur laut. Sedikitnya ada 28 orang tewas dalam hal itu.

"Dalam 24 jam terakhir, 28 kematian telah dicatat," kata Pertahanan Sipil dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Minggu (29/5/2022).

Peristiwa paling dramatis terjadi di pagi hari ketika 19 orang tewas dalam tanah longsor besar di komunitas Jardim Monteverde, di perbatasan antara Recife dan kotamadya Jaboatao dos Guararapes.

Enam orang lainnya tewas dalam tanah longsor lain di kotamadya Camaragibe. Dua meninggal di Recife dan satu lagi di Jaboatao dos Guararapes.

Total korban tewas di negara bagian itu sejak hujan mulai melanda wilayah itu pada Selasa malam adalah 33 orang. "Lima kematian lainnya telah terjadi selama badai Selasa," kata pernyataan itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Hujan deras juga menyebabkan hampir 1.000 orang mengungsi dari rumah mereka akibat banjir dan tanah longsor.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan jalan banjir yang luas di beberapa kota, rumah runtuh dan tanah longsor.

Antara Jumat malam dan Sabtu pagi, volume curah hujan mencapai 236 milimeter (sembilan inci) di beberapa bagian ibu kota Pernambuco, menurut kantor walikota. Itu setara dengan lebih dari 70 persen perkiraan untuk seluruh bulan Mei di kota.

Badan Air dan Iklim Pernambuco mengatakan situasinya bisa memburuk karena hujan akan terus berlanjut selama 24 jam ke depan di negara bagian itu.

Simak juga '11 Orang Tewas dalam Baku Tembak Penggrebekan Narkoba di Brasil':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)