Bunuh Lansia di Sydney, Perempuan WNI Dibui 22 Tahun

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 14:56 WIB
Cleaner Hanny Papanicolaou will be jailed until at least 2034.(Supplied: Facebook)
Hanny Papanicolaou (Supplied: Facebook via abc.net.au)
Sydney -

Seorang warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih di Sydney, Australia, dijatuhi hukuman 22 tahun penjara atas pembunuhan seorang warga lanjut usia (lansia). Perempuan WNI ini didakwa memukuli dan menikam korban yang berusia 92 tahun hingga tewas.

Seperti dilansir media Australia, abc.net.au, Jumat (27/5/2022), dengan hukuman 22 tahun penjara, WNI bernama Hanny Papanicolaou (38) ini tidak akan bisa mengajukan pembebasan bersyarat setidaknya hingga Januari 2034.

Dalam kasus ini, Papanicolaou menyusup masuk ke dalam rumah korban, yang diidentifikasi sebagai Marjorie Welsh, yang ada di area Ashbury pada Januari 2019 lalu dengan niat mencuri uang. Korban merupakan klien dari Papanicolaou yang berprofesi sebagai tukang bersih-bersih.

Begitu dia ketahuan oleh korban, Papanicolaou langsung memukuli korban yang sudah lanjut usia dengan tongkat alat bantu jalan milik korban. Dia kemudian menikam korban beberapa kali dengan sebuah pisau dapur.

Korban berhasil menghubungi layanan darurat dengan menekan tombol peringatan pada alat bantu medis yang dipakai di lehernya.

Korban yang awalnya selamat dari serangan itu, akhirnya meninggal dunia di rumah sakit karena luka-luka yang dideritanya sekitar enam pekan kemudian.

Sebelum berpulang, korban sempat mengidentifikasi penyerangnya sebagai 'Hanny si tukang bersih-bersih'.

Pada Jumat (27/5) ini, hakim Robertson Wright dalam putusannya dalam sidang menyebut penyesalan yang tulus dari Papanicolaou dan prospek yang baik untuk rehabilitasi berarti hukuman maksimum penjara seumur hidup tidaklah tepat.

"Pelaku harus bertanggung jawab atas tindakannya. Tapi saya juga mempertimbangkan tujuan rehabilitasi, yang menurut saya, mendukung masa pembebasan bersyarat yang lebih lama," ucap hakim Wright dalam persidangan.

Simak juga Video: 9 Warga Tewas Akibat Banjir di Pesisir Timur Australia

[Gambas:Video 20detik]