Butuh 1 Jam Tembak Mati Pelaku Penembakan di Texas, Warga Marah!

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 27 Mei 2022 10:31 WIB
Aksi penembakan di SD Robb, Uvalde, Texas, menewaskan 21 orang, termasuk anak-anak. Bunga hingga boneka diletakkan di luar sekolah sebagai lambang duka cita.
Bunga hingga boneka hiasi lokasi penembakan massal di SD Robb, Uvalde, Texas, AS (AP Photo/Jae C. Hong)
Texas -

Kepolisian Texas di Amerika Serikat (AS) menghadapi kecaman dan kemarahan warga karena membutuhkan waktu hingga 1 jam untuk menembak mati pelaku penembakan massal di Sekolah Dasar Robb di Uvalde pada Selasa (24/5) waktu setempat. Sedikitnya 19 anak-anak dan dua guru tewas.

Seperti dilansir AFP, Jumat (27/5/2022), rekaman video berdurasi nyaris 7 menit yang diunggah ke YouTube menunjukkan momen saat orang tua -- ketika penembakan berlangsung dengan anak-anak mereka di dalam sekolah -- meneriakkan kata-kata kasar kepada polisi yang berusaha menjauhkan mereka dari gedung sekolah.

"Itu putri saya!" teriak seorang wanita di tengah situasi kacau penuh tangisan dan dorong-dorongan.

Angeli Rose Gomez, yang anaknya ada di dalam sekolah, menuturkan kepada Wall Street Journal bahwa dirinya diborgol oleh petugas setelah dirinya dan beberapa orang tua siswa lainnya mendorong polisi.

Dalam video lainnya, para orang tua yang berkumpul di bagian belakang gedung sekolah meluapkan kemarahan pada polisi yang dianggap tidka melakukan apa-apa saat penembakan sekolah terburuk di AS tengah berlangsung.

Seorang wanita yang panik dengan kondisi putranya, tampak berteriak kepada polisi. "Jika mereka tertembak, tembak dia atau apalah. Ayolah," ucap wanita itu.

Jacinton Cazares, yang putrinya Jacklyn tewas dalam penembakan itu, menuturkan dirinya bergegas mendatangi sekolah saat mendengar adanya penembakan.

"Setidaknya ada sekitar 40 penegak hukum bersenjata lengkap tapi tidak melakukan apa-apa (sampai) semuanya sudah terlalu terlambat," ucap Cazares kepada ABC News. "Situasinya bisa selesai dengan cepat jika mereka mendapatkan pelatihan taktis yang lebih baik," imbuhnya.

Simak juga video 'Murkanya Joe Biden Gegara 18 Anak di Texas Tewas Ditembak':

[Gambas:Video 20detik]