ADVERTISEMENT

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua-2 Rudal Jarak Dekat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 09:50 WIB
Korea Utara dilaporkan melakukan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICM) pada Kamis (24/3) sore. Rudal itu diketahui mendarat di perairan ZEE Jepang.
Ilustrasi -- Peluncuran rudal Korea Utara (dok. KCNA Via REUTERS)

Kepala Staf Gabungan Korsel juga menyebut Korut tampaknya kehilangan rudal kedua saat mengudara sejauh 20 kilometer, sedangkan rudal ketiga berhasil mengudara sejauh 760 kilometer dan mencapai puncak ketinggian 60 kilometer.

Ditambahkan oleh Kepala Staf Gabungan Korsel dalam pernyataannya bahwa militer Korsel dan AS menembakkan dua rudal permukaan-ke-permukaan untuk merespons peluncuran rudal Korut itu, guna menunjukkan kemampuan serang kedua negara yang bersekutu itu.

Kepala Staf Gabungan Korsel menyatakan bahwa sekutu telah terlebih dulu mendeteksi persiapan untuk peluncuran Korut.

Gedung Putih dalam pernyataan terpisah menyebut Biden telah mendapatkan penjelasan soal aktivitas peluncuran rudal terbaru Korut dan akan terus mendapatkan penjelasan secara berkala.

Sementara Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi menyebut peluncuran Korut itu sebagai 'aksi provokasi dan sama sekali tidak diizinkan'. Dia menuduh Korut memaksa untuk mengembangkan persenjataan dengan 'mengabaikan penderitaan rakyat di tengah penyebaran virus Corona di negara itu'.

Peluncuran terbaru Korut ini menjadi peluncuran rudal ke-17 yang dilakukan Korut sepanjang tahun ini. Para pakar menilai uji coba Korut bertujuan memodernisasi pasokan persenjataan dan meningkatkan tekanan pada negara rivalnya untuk mendorong peringanan sanksi dan konsesi lainnya.


(nvc/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT