ADVERTISEMENT

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua-2 Rudal Jarak Dekat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 25 Mei 2022 09:50 WIB
Korea Utara dilaporkan melakukan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICM) pada Kamis (24/3) sore. Rudal itu diketahui mendarat di perairan ZEE Jepang.
Ilustrasi -- Peluncuran rudal Korea Utara (dok. KCNA Via REUTERS)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali melakukan aktivitas peluncuran rudal. Laporan Korea Selatan (Korsel) menyebut Korut baru saja meluncurkan sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) dan dua rudal jarak dekat pada Rabu (25/5) pagi waktu setempat.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Rabu (25/5/2022), Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel menyebut Korut diduga meluncurkan rudal balistik antarbenua dalam rangkaian uji coba senjata pada Rabu (25/5) pagi, atau sehari setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyelesaikan kunjungan di Asia Timur.

"Rudal balistik pertama (diduga ICBM) memiliki jangkauan sekitar 360 kilometer dan mencapai ketinggian sekitar 540 kilometer," sebut Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel dalam pernyataannya.

Jika dikonfirmasi, maka itu akan menjadi peluncuran ICBM pertama dalam dua bulan terakhir. Korut yang melanggar moratorium peluncuran jarak jauh tahun 2018, mengklaim telah menguji coba rudal jarak jauh pada Maret lalu sebagai bagian dari pengembangan rudal berkemampuan nuklir yang bisa menjangkau wilayah AS.

Peluncuran rudal terbaru ini juga terjadi saat Korut tengah menghadapi wabah virus Corona (COVID-19) di wilayahnya.

Setelah rapat darurat dewan keamanan nasional, pemerintah Korsel menyebut ada tiga senjata yang ditembakkan Korut, termasuk sebuah rudal diduga ICBM dan dua rudal balistik jarak dekat.

Disebutkan militer Korsel bahwa rudal ICBM itu diluncurkan dari wilayah Pyongyang pada Rabu (25/5) waktu setempat, dan mencapai ketinggian maksimum 540 kilometer dan mencapai jarak 360 kilometer sebelum jatuh ke lautan.

Lihat juga video 'Potret Kehidupan di Pyongyang Usai Korea Utara Diamuk Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT