ADVERTISEMENT

Pemilu Federal Dimulai, Warga Australia Antre Gunakan Hak Suara

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 21 Mei 2022 12:33 WIB
A man casts his ballot at an inner Sydney polling station, Australia, Saturday, May 21, 2022. Australians go to the polls following a six-week election campaign that has focused on pandemic-fueled inflation, climate change and fears of a Chinese military outpost being established less than 1,200 miles off Australias shore. (AP Photo/Rick Rycroft)
Warga Australia menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara di Sydney dalam pemilu federal pada Sabtu (21/5) waktu setempat (AP Photo/Rick Rycroft)

Tiga tahun lalu, Morrison (54) mementahkan jajak pendapat dengan meraih apa yang disebutnya sebagai 'kemenangan pemilu yang ajaib'. Namun kali ini, celah antara Morrison dan Albanese sedikit lebih lebar.

"Saya percaya kami memiliki dukungan dan saya sangat positif soal hasil yang baik. Saya siap mengubah negara ini dan itulah yang ingin saya lakukan," tegas Albanese usai menggunakan hak suaranya di pinggiran Sydney.

Lebih dari 17 juta warga Australia terdaftar untuk memilih dalam pemilu federal kali ini.

Diketahui bahwa pemilu ini akan menentukan siapa yang menguasai House of Representatives (DPR), Senat dan menjabat PM Australia.

Dua polling terkini menunjukkan Partai Buruh unggul dengan enam poin atas koalisi Liberal yang dipimpin Morrison, namun dengan selisih yang kecil dinilai sulit untuk memastikan kemenangan mutlak salah satu partai.

Menurut Komisi Pemilu Australia, lebih dari 7 juta pemilih telah menggunakan hak suaranya secara dini atau memilih via pos.


(nvc/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT