Ratusan Tentaranya Menyerah ke Rusia, Ukraina Minta Pertukaran Tahanan

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 18 Mei 2022 11:01 WIB
Kementerian Pertahanan Rusia menyebut 265 prajurit Ukriana menyerah di pabrik baja Azovstal, Ukraina. Sebanyak 53 prajurit yang menyerah dilaporkan terluka.
para tentara Ukraina yang menyerah di Azovstal (Foto: Reuters)
Jakarta - Otoritas Rusia menyebut ratusan tentara Ukraina yang berjuang melawan pasukan Rusia di pabrik baja Azovstal, di kota Mariupol yang terkepung, telah menyerah. Pemerintah Ukraina pun meminta pertukaran tahanan segera dengan Rusia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Rabu (18/5/2022), kota pelabuhan strategis itu jatuh ke tangan pasukan Rusia bulan lalu, tetapi unit-unit militer Ukraina yang tak kenal lelah bertahan di labirin terowongan di bawah pabrik Azovstal. Mereka pun dipuji sebagai pahlawan karena telah berjuang menghentikan laju invasi Moskow.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pada Selasa (17/5), bahwa 265 tentara Ukraina menyerah dan dibawa ke tahanan Rusia, termasuk 51 orang yang terluka parah.

Kementerian Rusia tersebut menerbitkan foto-foto yang menunjukkan tentara-tentara dibawa dengan tandu. Disebutkan bahwa mereka yang terluka diangkut ke sebuah rumah sakit di wilayah Donetsk timur yang dikendalikan oleh pemberontak pro-Rusia.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan pihaknya mengharapkan "prosedur pertukaran... untuk memulangkan para pahlawan Ukraina ini secepat mungkin".

Kementerian menyatakan, pemerintah Ukraina akan melakukan "semua yang diperlukan" untuk menyelamatkan sejumlah personel yang dirahasiakan yang masih bersembunyi di bunker era Uni Soviet. Namun, kementerian mengakui tidak ada opsi militer yang tersedia.

Nasib para tentara Ukraina yang ditangkap itu tidak jelas. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov menolak untuk mengatakan apakah mereka akan diperlakukan sebagai penjahat atau tawanan perang.

Peskov hanya mengatakan, Presiden Vladimir Putin "menjamin bahwa mereka akan diperlakukan sesuai dengan hukum internasional yang relevan."

Simak video 'Ekspresi Prajurit Ukraina Usai Bertahan 82 Hari di Mariupol':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)