India Dilanda Gelombang Panas, New Delhi Catat Suhu 49 Derajat Celsius

Tim detikcom - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 19:21 WIB
Cuaca ekstrem melanda India hingga membuat suhu di daerah itu capai 40 derajat celsius. Selain gelombang panas, Badai Asani turut menerjang kawasan di India.
Ilustrasi -- Gelombang panas di India (dok. AP Photo)
New Delhi -

Gelombang panas menerjang wilayah India bagian utara pada pekan ini. Suhu udara di sebagian ibu kota New Delhi tercatat mencapai rekor tertinggi, yakni 49,2 derajat Celsius.

Seperti dilansir BBC, Senin (16/5/2022), ini merupakan gelombang panas kelima yang melanda India sejak Maret lalu. Otoritas setempat mengimbau warga untuk mengambil langkah pencegahan karena suhu udara diprediksi akan tetap tinggi.

Mereka memperingatkan bahwa gelombang panas bisa memicu gangguan kesehatan bagi yang rentan, termasuk bayi, warga lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan penyakit kronis.

Badan prakiraan cuaca setempat, seperti dilansir NDTV, menyarankan warga yang tinggal di wilayah India bagian utara untuk menghindari berkeliaran di luar rumah kecuali benar-benar penting dan untuk mengonsumsi banyak air meskipun tidak haus.

Negara bagian Himachal Pradesh, Haryana, Uttarakhan, Punjab dan Bihar secara khusus mengalami kenaikan suhu udara dalam beberapa hari terakhir.

Disebutkan Departemen Urusan Cuaca India bahwa suhu udara kemungkinan akan menurun 2-4 derajat Celsius di beberapa area, tapi mungkin tidak ada jeda dari panas yang hebat.

Gelombang panas yang parah telah memakan korban jutaan nyawa dan mengganggu mata pencaharian warga di India bagian utara pada musim panas ini.

Simak video 'Panas di India Sampai 40 Derajat Celsius, Warga Dihantui Kekeringan':

[Gambas:Video 20detik]