Inggris Nilai Rusia Kehilangan Sepertiga Pasukannya di Ukraina

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 16 Mei 2022 04:15 WIB
Pasukan pro-Rusia beraktivitas di kawasan Mariupol, Ukraina. Diketahui, Rusia memberikan waktu kepada pasukan Ukraina di Mariupol untuk meletakkan senjata.
Ilustrasi (Foto: Reuters)
Jakarta -

Kementerian pertahanan Inggris menilai Rusia telah kehilangan sepertiga dari pasukan darat yang kerahkan ke Ukraina. Rusia juga dinilai gagal mencapai keuntungan teritorial substansial.

"Meskipun kemajuan awal skala kecil, Rusia telah gagal mencapai keuntungan teritorial substansial selama sebulan terakhir sementara mempertahankan tingkat gesekan yang tinggi secara konsisten," kata kementerian pertahanan Inggris di Twitter, dilansir reuters, Senin (16/5/2022).

"Rusia sekarang kemungkinan menderita kerugian sepertiga dari kekuatan tempur darat yang dilakukan pada bulan Februari," sambungnya.

Rusia juga disebut tidak mungkin secara dramatis mempercepat laju kemajuannya selama 30 hari ke depan.

Serangannya di wilayah Donbas "telah kehilangan momentum dan jauh tertinggal dari jadwal", kata intelijen militer Inggris, Minggu.

Sejak invasi Rusia pada 24 Februari, militer Ukraina telah memaksa komandan Rusia untuk meninggalkan Ibukota Kyiv, sebelum membuat kemajuan pesat di timur laut dan mengusir mereka dari kota terbesar kedua di Kharkiv.

Sebuah serangan balasan Ukraina juga telah berlangsung di dekat kota Izium yang dikuasai Rusia, meskipun militer Ukraina melaporkan pada hari Minggu bahwa pasukan Rusia maju ke tempat lain di wilayah Donbas.

(dwia/dwia)