Kim Jong Un Kini Bermasker Buntut Corona di Korut Bikin Geger

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 05:12 WIB
Kim Jong Un Tampil Perdana Memakai Masker
Kim Jong Un (Foto: Reuters)

187 Ribu Orang Diisolasi

Sementara itu, Korea Utara mengatakan sebanyak 187.800 orang sedang diisolasi dan dirawat karena demam pada Jumat waktu setempat.

"Sampai sekarang hingga 187.800 orang diisolasi dan dirawat," lapor pejabat KCNA.

Korut sebelumnya mengkonfirmasi kasus pertama COVID-19. Media pemerintah menyatakannya sebagai 'insiden darurat nasional yang parah' setelah lebih dari dua tahun mencegah pandemi.

Dilansir AFP, Kamis (12/5), Kantor berita resmi Korut KCNA mengatakan sampel yang diambil dari pasien yang sakit demam di Pyongyang pada Minggu 'konsisten dengan' varian Omicron yang sangat menular.

Pejabat tinggi negara itu, termasuk pemimpin Kim Jong Un, mengadakan pertemuan politbiro krisis untuk membahas wabah itu dan mengumumkan mereka akan menerapkan sistem pengendalian virus 'darurat maksimum'.

China Siap Beri Bantuan

Jubir Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengatakan pihaknya memahami situasi yang tengah dihadapi Korea Utara. Sebagai rekan dan sahabat, China menyatakan siap memberikan bantuan ke Korea Utara dalam memerangi Covid-19.

"Kami memahami situasi pencegahan epidemi saat ini yang dihadapi Republik Demokratik Korea Utara. Sebagai rekan, tetangga, dan sahabatnya, China siap memberikan dukungan dan bantuan penuh kepada Korea Utara dalam memerangi epidemi (vitus corona)," tuturnya.


(dwia/dwia)