Kim Jong Un Kini Bermasker Buntut Corona di Korut Bikin Geger

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 14 Mei 2022 05:12 WIB
Kim Jong Un Tampil Perdana Memakai Masker
Kim Jong Un (Foto: Reuters)
Jakarta -

Korea Utara (Korut) kini mengumumkan status darurat pandemi. Pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un, itupun untuk pertama kalinya tampil mengenakan masker.

Darurat pandemi ini diketahui diumumkan setelah dilaporkan adanya kematian pertama akibat Covid-19. Kim Jong Un tampak mengenakan masker saat memimpin rapat dengan para petinggi negara.

Direkture Dicisi Penelitian Korea Utara, Hong Min, mengatakan saat ini Korut menanggapi kasus Covid-19 dengan sangat serius. Disebutkan Korut berhadapan dengan beberapa peristiwa penting pada April lalu, sehingga tidak menutup kemungkinan telah adanya penyebaran

"Korea Utara menanggapi ini (Covid-19) dengan sangat serius, mengingat fakta bahwa ada beberapa peristiwa penting di Korea Utara pada bulan April, sehingga bisa saja sudah tersebar luas atau mungkin menyebar lebih jauh," tuturnya.

Laporkan 6 Kematian Akibat Demam dan 1 Positif Covid

Korut melaporkan 6 orang yang sakit demam telah meninggal dunia. Salah satu di antaranya dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron BA.2.

Dilansir AFP, Jumat (13/5/2022), kasus kematian itu dilaporkan oleh kantor berita resmi Korea Central News Agency (KNCA). KNCA menyebut demam yang tidak dapat diidentifikasi menyebar secara nasional mulai akhir April.

"Demam yang penyebabnya tidak dapat diidentifikasi secara eksplosif menyebar secara nasional mulai akhir April... Enam orang meninggal (salah satunya dinyatakan positif sub-varian BA.2 dari Omicron,)" katanya.

Saksikan Video 'Kim Jong Un Semprot Pejabat Korut karena Gagal Cegah Penyebaran Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



187 ribu orang diisolasi, simak halaman selanjutnya