Pertama Kali, Ilmuwan Sukses Tanam Tumbuhan dengan Tanah dari Bulan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 12:26 WIB
This University of Florida, Institute of Food and Agricultural Sciences (UF/IFAS) handout photo shows several Arabidopsis plants sprouting from lunar soil at a laboratory at the University of Florida in Gainesville on May 5, 2021. Tyler JONES UF/IFAS Communications/AFP
Ilmuwan di AS berhasil menumbuhkan tanaman dengan tanah yang diambil dari Bulan (Tyler JONES UF/IFAS Communications/AFP)
Washington DC -

Para ilmuwan di Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya berhasil menanam tumbuhan dengan menggunakan tanah yang diambil dari Bulan. Hal ini dinilai menjadi lompatan besar untuk pengetahuan manusia tentang pertanian di luar angkasa.

Seperti dilansir AFP, Jumat (13/5/2022), tanah yang digunakan untuk menumbuhkan tanaman itu dibawa pulang ke Bumi oleh para astronaut dalam program Apollo.

Eksperimen terobosan ini memberikan harapan kepada para peneliti bahwa suatu hari nanti mungkin saja untuk menanam dan menumbuhkan tanaman secara langsung di permukaan Bulan.

Hal ini dinilai akan menyelamatkan misi luar angkasa masa depan dari kerumitan dan menghemat biaya, juga memfasilitasi perjalanan yang lebih lama dan lebih jauh. Eksperimen ini diulas secara detail dalam Jurnal Biologi Komunikasi yang dirilis Kamis (12/5) waktu setempat.

Namun, menurut para penyusun studi itu dari Universitas Florida, masih banyak yang harus dipelajari soal topik ini. Mereka menyatakan berniat untuk mempelajari semuanya.

"Penelitian ini sangat penting untuk tujuan eksplorasi manusia jangka panjang NASA," sebut Kepala Badan Antariksa AS, NASA, Bill Nelson.

"Kita perlu menggunakan sumber daya yang ditemukan di Bulan dan Mars untuk mengembangkan sumber makanan bagi para astronaut masa depan yang tinggal dan beroperasi di luar angkasa," imbuhnya.

Simak juga Video: Biaya yang Dikeluarkan untuk Wisata Luar Angkasa Bersama NASA

[Gambas:Video 20detik]