Ledakan Terjadi di Pabrik Kimia Slovenia, 5 Orang Tewas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 13 Mei 2022 01:06 WIB
A picture taken on May 12, 2022 shows columns of black smoke billowing from the factory of resin supplier Melamin, where a cistern exploded for unknown reason, sparking a fire and killing five people. The factory is located in Kocevje municipality, some 60 kilometres (40 miles) south of Ljubljana. (Photo by Ales Kocjan / STA FOTO / AFP)
Ledakan pabrik kimia di Slovenia (Foto: AFP/ALES KOCJAN)
Ljubljana -

Sebuah ledakan terjadi di pabrik kimia di Slovenia. Sebanyak 5 orang tewas dan 6 orang terluka dalam insiden ini.

Dilansir AFP, Jumat (13/5/2022), kepala pemadam kebakaran Leon Behin mengatakan sebuah tangki meledak Kamis pagi waktu setempat. Ledakan ini memicu kebakaran di pabrik pemasok resin Melamin. Pabrik tersebut berlokasi di kotamadya Kocevje, sekitar 60 kilometer (40 mil) selatan Ljubljana.

"Sayangnya ketakutan kami telah terbukti," kata kepala Melamin Srecko Stefanic kepada wartawan.

"(Kekuatan ledakan) tidak memberi mereka kesempatan untuk bertahan hidup," katanya.

Para pejabat sebelumnya mengatakan empat orang hilang.

Para korban adalah seorang pekerja dan 'empat pekerja luar' di perusahaan tersebut.

Selain itu, enam pekerja dilaporkan terluka, termasuk dua yang dirawat di rumah sakit karena luka bakar yang serius. Hal itu diungkapkan oleh rumah sakit di Ljubljana yang merawat mereka.

Sementara itu, Stefanic mengatakan salah satunya dalam situasi kritis. Dia menambahkan tragedi itu "disebabkan oleh kesalahan manusia". Akan tetapi dia menolak memberikan informasi lebih lanjut sampai penyelidikan selesai.

Pemerintah setempat awalnya meminta warga yang tinggal dalam radius 500 meter di sekitar pabrik untuk tidak meninggalkan rumah mereka dan menutup jendela mereka sebagai tindakan pencegahan jika terjadi asap beracun. Tindakan pencegahan dicabut Kamis malam setelah para pejabat mengkonfirmasi tidak ada dampak negatif terhadap lingkungan.

Foto menunjukkan kolom asap hitam mengepul dari pabrik, yang memasok resin untuk kertas, konstruksi, kayu, karet dan industri pernis antara lain. Berdasarkan situs webnya, hampir 200 orang bekerja di perusahaan yang didirikan pada 1954.

(lir/lir)