Kerusuhan di Penjara Ekuador Renggut 44 Nyawa, 100 Napi Kabur

Tim Detikcom - detikNews
Selasa, 10 Mei 2022 12:31 WIB
Jakarta -

Sedikitnya 44 narapidana tewas dalam kerusuhan terbaru yang terjadi di sebuah penjara di Ekuador. Lebih dari 100 narapidana lainnya berhasil kabur dalam insiden berdarah itu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (10/5/2022), otoritas Ekuador mengatakan perkelahian pecah antara dua rival, geng Los Lobos dan R7 di dalam penjara Bellavista di Santo Domingo de los Colorados, di pusat Ekuador sekitar 80 kilometer (50 mil) dari Quito.

Selama kerusuhan pada Senin (9/5) waktu setempat itu, para narapidana mencoba melarikan diri.

Kepala polisi Fausto Salinas mengatakan kepada wartawan bahwa 108 orang hilang sementara 112 tahanan yang melarikan diri telah berhasil ditangkap kembali.

Otoritas penjara negara Amerika Selatan itu, SNAI mengatakan telah mengaktifkan protokol keamanan untuk mengendalikan "gangguan ketertiban."

Enam pemimpin geng dipindahkan dari Bellavista ke dua penjara dengan keamanan maksimum, kata Kementerian Dalam Negeri.

Menteri Dalam Negeri Patricio Carrillo awalnya mengklaim pihak berwenang mengendalikan situasi dan bahwa semua tahanan yang melarikan diri telah ditangkap kembali.

Para narapidana dengan cedera wajah dibawa dengan truk dan ambulans ke fasilitas medis, sementara anggota keluarga mereka yang dipenjara berkumpul di penjara untuk mencari informasi.