Pesan Putin ke Ribuan Tentara Rusia: Anda Berjuang untuk Tanah Air!

ADVERTISEMENT

Pesan Putin ke Ribuan Tentara Rusia: Anda Berjuang untuk Tanah Air!

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 15:36 WIB
Russian President Vladimir Putin greets people after his speech at the concert marking the eighth anniversary of the referendum on the state status of Crimea and Sevastopol and its reunification with Russia, in Moscow, Russia, Friday, March 18, 2022. (Ramil Sitdikov/Sputnik Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AP/Ramil Sitdikov)
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pasukan Rusia di Ukraina sedang membela Tanah Air dari "ancaman yang sama sekali tidak dapat diterima". Hal ini disampaikan Putin saat membuka parade tahunan yang menandai peringatan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Dilansir dari kantor berita AFP, Senin (9/5/2022), Putin mengatakan kepada ribuan tentara yang berkumpul di Lapangan Merah, Moskow, bahwa pasukan Rusia di Ukraina melanjutkan pertempuran melawan Nazisme, tetapi penting untuk "melakukan segalanya agar kengerian perang global tidak terjadi lagi."

"Anda berjuang untuk Tanah Air Anda, masa depannya, sehingga tidak ada yang melupakan pelajaran dari Perang Dunia Kedua," kata Putin di depan ribuan tentara Rusia.

Putin menyalahkan Ukraina dan negara-negara Barat atas konflik di Ukraina. Dia menyebut Ukraina dan sekutunya telah mempersiapkan "invasi ke tanah bersejarah kita" termasuk di wilayah Donbas yang berbahasa Rusia dan di Krimea, yang dianeksasi oleh Moskow pada tahun 2014.

"Ancaman yang benar-benar tidak dapat diterima bagi kita sedang dibuat, langsung di perbatasan kita," cetus Putin, menunjuk pada pengiriman senjata NATO ke Ukraina dan penempatan para penasihat asing.

Menurut Putin, Rusia tidak punya pilihan, selain melakukan respons pencegahan terhadap agresi, dan menyebutnya sebagai "satu-satunya keputusan yang tepat" untuk "negara yang berdaulat, kuat, dan merdeka".

Simak juga Video: Jokowi Undang Putin dan Zelensky ke KTT G20 di Bali

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT