ADVERTISEMENT

PM Kanada Umumkan Tambahan Senjata untuk Ukraina, Yakin Rusia Akan Kalah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Mei 2022 12:14 WIB
Prime Minister Justin Trudeau holds a news conference in Ottawa on Wednesday, Jan. 8, 2020. (Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
PM Kanada Justin Trudeau (Foto: Sean Kilpatrick/The Canadian Press via AP)
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau mengumumkan pengiriman senjata dan peralatan baru untuk Ukraina setelah kunjungan mendadak ke Kiev, ibu kota Ukraina.

Trudeau, dalam konferensi pers setelah pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, juga mengatakan Kanada memberlakukan sanksi baru terhadap sejumlah individu dan entitas Rusia sehubungan dengan invasi Moskow ke Ukraina.

"Hari ini, saya mengumumkan lebih banyak bantuan militer, kamera drone, citra satelit, senjata ringan, amunisi dan dukungan lainnya, termasuk pendanaan untuk operasi ranjau," kata Trudeau seperti diberitakan AFP, Senin (9/5/2022).

"Dan kami mengajukan sanksi baru terhadap 40 individu Rusia dan lima entitas, oligarki dan rekan dekat rezim di sektor pertahanan, semuanya terlibat dalam perang Putin (Presiden Rusia Vladimir Putin)," imbuh pemimpin Kanada itu.

Sebelumnya, Trudeau mengunjungi kota Irpin di pinggiran Kiev, titik fokus pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia sebelum Rusia mundur pada akhir Maret lalu. Dia mengatakan Kanada membuka kembali kedutaannya di ibu kota Ukraina.

Trudeau juga mengatakan, dunia akan melakukan segala kemungkinan untuk memastikan bahwa Putin kalah perang di Ukraina.

"Apa yang perlu dipahami Putin adalah bahwa Barat benar-benar bertekad dan memutuskan untuk menentang apa yang dia lakukan," kata Trudeau kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Lihat Video: Bertemu Zelensky, PM Kanada Gandakan Bantuan Militer Untuk Ukraina

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT