Panas di Asia Kala Korut Tembak Proyektil-Jet China Menyusup Taiwan

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 08 Mei 2022 07:32 WIB
This picture taken on Mar 25, 2021, and released from North Koreas official Korean Central News Agency (KCNA) on Mar 26, 2021, shows a test fire of a newly developed new-type tactical guided projectile in an undisclosed location in North Korea. (Photo: AFP/KCNA via KNS)
Ilustrasi (Foto: AFP/KCNA via KNS)
Pyongyang -

Negara-negara di Asia kini tengah memanas. Korea Utara (Korut) lagi-lagi menembakkan proyektil yang diduga rudal balistik dari wilayahnya sementara Jet China juga tiba-tiba memasuki wilayah Taiwan.

Berkaitan dengan proyektil ini, seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (7/5/2022), ditembakkan oleh Korut dari wilayahnya ke sisi perairan laut timur negara tersebut. Negara tetangga Korut, yakni Korsel dan Jepang menduga kuat proyektil itu adalah rudal balistik.

Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel melaporkan bahwa sebuah proyektil tak teridentifikasi ditembakkan oleh Korut pada Sabtu (7/5) waktu setempat. Disebutkan juga bahwa proyektil itu jatuh ke perairan lepas pantai timur Korut.

"Korea Utara menembakkan setidaknya satu proyektil ke Laut Timur," sebut Kepala Staf Gabungan militer Korsel dalam pernyataannya, merujuk pada Laut Jepang.

Kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, melaporkan bahwa militer Korsel meyakini itu sebuah rudal balistik.

Laporan serupa juga disampaikan oleh Penjaga Pantai Jepang, yang mengutip informasi dari Kementerian Pertahanan, yang menyebut Korut telah meluncurkan sebuah objek yang 'kemungkinan merupakan sebuah rudal balistik'.

Penjaga pantai Jepang juga memperingatkan agar kapal-kapal di perairan sebelah timur Korut untuk berhati-hati.

Peluncuran terbaru ini tercatat sebagai uji coba senjata ke-15 yang dilakukan Korut sepanjang tahun ini. Peluncuran proyektil ini dilakukan Korut hanya tiga hari setelah negara tersebut meluncurkan sebuah rudal balistik pada Rabu (4/5) lalu.

Kedua negara tetangga Korut, Korsel dan Jepang, lagi-lagi menuduh Korut meluncurkan sebuah rudal balistik. Belum ada pernyataan resmi dari media pemerintah Korut soal aktivitas peluncuran tersebut. Namun diketahui beberapa waktu terakhir, Pyongyang bersumpah akan mengembangkan kekuatan nuklirnya 'secepat mungkin'.

Simak soal penyusupan pesawat China ke Taiwan di halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Dewan Keamanan PBB Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korut!

[Gambas:Video 20detik]