ADVERTISEMENT

Kritik Penanganan Corona Dijawab Xi Jinping Lewat Pidato Penting

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 07 Mei 2022 06:09 WIB
China: Xi Jinping rilis resolusi bersejarah, sejajar dengan Mao Zedong, dan Deng Xiaoping
Xi Jinping (BBC World)

Ini merupakan pertama kalinya Xi, yang menurut media pemerintah membuat 'pidato penting' dalam pertemuan itu, menyampaikan pernyataan publik tentang upaya China melawan COVID sejak kehebohan meletus atas lockdown keras di Shanghai.

"Strategi pencegahan dan pengendalian kami ditentukan oleh sifat dan misi partai, kebijakan kami dapat bertahan dalam ujian sejarah, tindakan kami ilmiah dan efektif," kata komite beranggotakan tujuh orang itu seperti diberitakan kantor berita pemerintah Xinhua.

"Kami telah memenangkan pertempuran untuk mempertahankan Wuhan, dan kami pasti akan dapat memenangkan pertempuran untuk mempertahankan Shanghai," sambung pernyataan tersebut.

Komite itu menuntut kader partai memiliki 'pemahaman yang mendalam, utuh dan menyeluruh' terhadap kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pimpinan pusat partai.

"Kita harus dengan tegas mengatasi masalah kesadaran yang tidak memadai, persiapan yang tidak memadai dan pekerjaan yang tidak memadai, dan dengan tegas mengatasi penghinaan, ketidakpedulian, dan pembenaran diri dalam pemikiran kita," katanya.

Peringatan keras itu dinilai sebagai tanda telah terjadi penolakan internal terhadap kebijakan nol-COVID Xi dari dalam partai.

"Bahasa ini harus dibaca sebagai kritik langsung terhadap para pemimpin PKC lokal yang tidak spesifik yang telah mempertanyakan kebijakan di pusat, atau yang kurang berhasil dalam menerapkannya," tulis co-direktur the China Media Project, David Bandurski.

"Dan sulit untuk tidak mendengar dalam ungkapan tentang 'pembenaran diri' kecaman terhadap para pemimpin di Shanghai pada khususnya," tambah Bandurski.


(haf/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT