Luapan Emosi Zelensky Kala Adolf Hitler Dituding Keturunan Yahudi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 06:28 WIB
In this image from video provided by the Ukrainian Presidential Press Office, Ukrainian President Volodymyr Zelenskyy speaks from Kyiv, Ukraine, on Monday, March 21, 2022. (Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Presiden Ukraina (Foto: Ukrainian Presidential Press Office via AP)
Kiev -

Emosi Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meluap usai Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyebut pemimpin Nazi Adolf Hitler memiliki asal-usul Yahudi. Dia menyebut Lavrov tak belajar apapun dari Perang Dunia II.

Zelensky mengaku tak bisa berkata-kata saat mengetahui ucapan Lavrov tersebut. Dia mengatakan tak ada yang mau menerima tudingan Lavrov tersebut.

"Saya tidak punya kata-kata. Tidak ada yang mendengar penolakan atau pembenaran dari Moskow. Yang kami dapatkan dari sana hanyalah keheningan, ini berarti bahwa kepemimpinan Rusia telah melupakan semua pelajaran dari Perang Dunia kedua," kata Zelensky dilansir Reuters, Rabu (4/5/2022).

"Atau mungkin mereka tidak pernah mempelajari pelajaran itu," sambungnya.

Sebenarnya, apa yang diucapkan Lavrov?

Lavrov membuat pernyataan yang memicu polemik di televisi Italia pada Minggu lalu ketika dia ditanya mengapa Rusia mengatakan perlu 'mendenazifikasi' Ukraina, padahal Presiden Zelensky merupakan seorang Yahudi.

"Ketika mereka mengatakan 'Nazifikasi macam apa ini jika kita adalah orang Yahudi', saya pikir Hitler juga memiliki asal-usul Yahudi, jadi itu tidak berarti apa-apa," kata Lavrov kepada saluran Rete 4, yang berbicara melalui penerjemah Italia.

"Sudah lama kita mendengar orang-orang Yahudi yang bijak mengatakan bahwa anti-Semit terbesar adalah orang-orang Yahudi itu sendiri," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Ukraina-Rusia Gencatan Senjata, 156 Orang dari Azovstal Dievakuasi':

[Gambas:Video 20detik]