Belarusia Tiba-tiba Gelar Latihan Militer Skala Besar, Ada Apa?

Haris Fadhil - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 14:40 WIB
A tank moves along a field during joint exercises of the armed forces of Russia and Belarus as part of an inspection of the Union States Response Force, at a firing range near a town of Osipovichi outside Minsk on February 17, 2022. (Photo by Maxim GUCHEK / BELTA / AFP) / Belarus out
Foto: Tank saat latihan perang bersama Belarus dan Rusia pada Februari 2022 (AFP/MAXIM GUCHEK)
Minsk -

Angkatan bersenjata Belarusia memulai latihan skala besar secara tiba-tiba di tengah perang Rusia vs Ukraina. Ada apa?

Dilansir dari Reuters, Rabu (4/5/2022), Belarusia adalah sekutu dekat Rusia yang menginvasi Ukraina sejak akhir Februari 2022. Latihan militer itu diklaim Belarusia untuk menguji kesiapan tempur mereka.

Invasi Rusia ke Ukraina itu dilakukan usai pasukan Rusia menggelar latihan bersama dengan militer Belarusia. Latihan militer saat itu memungkinkan Rusia untuk memindahkan lebih banyak pasukan ke dekat perbatasan dengan Ukraina. Rusia sendiri menyebut tindakannya di Ukraina sebagai 'operasi militer khusus'.

"Direncanakan tes (kesiapan tempur) akan melibatkan pergerakan sejumlah besar kendaraan militer, yang dapat memperlambat lalu lintas di jalan umum," kata Kementerian Pertahanan Belarusia dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan Belarusia mengatakan latihan itu tidak menimbulkan ancaman bagi tetangganya atau komunitas Eropa pada umumnya.

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko berbicara dengan sekutunya, Presiden Rusia Vladimir Putin, pada hari Selasa (3/5). Keduanya membahas operasi Rusia di Ukraina, di antara masalah lainnya, menurut pernyataan resmi.

Wilayah Ukraina yang berdekatan dengan Belarusia, termasuk ibu kotanya Kiev, berada di bawah serangan Rusia pada tahap awal invasi. Kini, Rusia telah memfokuskan serangannya di wilayah timur dan tenggara Ukraina.

Simak juga 'Hari Raya Idul Fitri di Rusia, Warga Berdoa Perang Segera Berakhir':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/hri)