Suhu Panas di India-Pakistan Pecah Rekor, Trotoar Sampai Meleleh!

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 17:29 WIB
A caretaker bathes an elephant on a hot summer day inside the facility of Wildlife Conservation Organization in Farah in Indias Uttar Pradesh state on May 1, 2022. (Photo by Pawan SHARMA / AFP)
Foto: Gelombang panas landa India (AFP/PAWAN SHARMA)
New Delhi -

Beberapa wilayah di India mencatat suhu rata-rata tertinggi pada April 2022. Cuaca terik diperkirakan akan menurun di bulan Mei ini.

Dilansir dari Reuters, Senin (2/5/2022), India dan Pakistan telah menderita gelombang panas ekstrem tahun ini, melelehkan trotoar, memaksa penutupan sekolah dan memicu peringatan kesehatan dan kebakaran.

Direktur Jenderal Departemen Meteorologi India mengatakan India barat laut dan tengah mencatat suhu maksimum rata-rata 35,9 dan 37,78 Celcius masing-masing pada bulan April. Angka itu adalah yang tertinggi sejak pencatatan dimulai 122 tahun lalu.

A caretaker bathes an elephant on a hot summer day inside the facility of Wildlife Conservation Organization in Farah in India's Uttar Pradesh state on May 1, 2022. (Photo by Pawan SHARMA / AFP) Foto: Gelombang panas landa India (AFP/PAWAN SHARMA)

Para ilmuwan memperingatkan lebih dari satu miliar orang berisiko terkena dampak terkait panas di wilayah tersebut. Ilmuwan juga menghubungkan awal musim panas yang intens dengan perubahan iklim.

Menteri Federal Pakistan untuk Perubahan Iklim, Sherry Rehman, mengatakan Pakistan pergi dari musim dingin langsung ke musim panas tanpa musim semi. Hal ini disebut menjadi yang pertama kali terjadi dalam beberapa dekade.

Lihat juga Video: Bangunan Roboh di India, 2 Orang Dievakuasi Tak Bernyawa

[Gambas:Video 20detik]



(haf/imk)