ADVERTISEMENT

Idul Fitri, Raja Salman Umumkan 2 Masjid Suci Bisa Diisi Penuh Jemaah Lagi

Haris Fadhil - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 12:32 WIB
FILE - In this photo released by Saudi Press Agency, SPA, Saudi King Salman, chairs a video call of world leaders from the Group of 20 and other international bodies and organizations, from his office in Riyadh, Saudi Arabia, on March 26, 2020. Saudi King Salman is expected to speak Wednesday, Nov. 11, 2020, in an annual (virtual) address he gives to the nation about policy priorities for the coming year. (Saudi Press Agency via AP)
Raja Salman (Foto: Saudi Press Agency via AP)
Jeddah -

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, menyampaikan pesan Idul Fitri 1443 H kepada umat muslim sedunia. Penjaga dua masjid suci ini mengumumkan pembukaan penuh Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk jemaah setelah ada pembatasan selama pandemi Corona.

Dilansir dari Saudi Press Agency, Senin (2/5/2022), pidato itu disampaikan oleh Pj Menteri Media Majid bin Abdullah Al-Qasabi. Pidato tersebut diawali dengan harapan agar rakyat Saudi dan umat muslim di seluruh dunia selalu dalam keselamatan.

"Semoga Allah mengembalikan kami dan Anda Idul Fitri saat kita menikmati keamanan, keselamatan, kesehatan dan kebahagiaan, dan melindungi negara kita dan negara-negara di dunia dari semua kejahatan dan bahaya," ujar Raja Salman.

Raja Salman mengatakan Arab Saudi merasa terhormat karena diberi kesempatan menjadi pelayan dua masjid suci dan menjamin kenyamanan jemaah haji, jemaah umrah dan para peziarah lainnya.

"Merupakan kebanggaan bagi kita semua, dan kita berjuang keras dalam memenuhi tanggung jawab bahwa Allah telah memilih kita untuk itu, dan dalam rasa kesucian tugas besar ini. Dan kami bersyukur kepada Allah karena telah berhasil melanjutkan pekerjaan besar ini," ujarnya.

Raja Salman kemudian mengumumkan pembukaan kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk para jemaah dengan kapasitas penuh. Dia mengatakan hal itu merupakan berkah dari Allah.

"Dengan rahmat Allah, Kerajaan mengizinkan kembali penggunaan kapasitas penuh di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dan kami senang dengan bantuan Allah untuk sejumlah besar jemaah umrah, jemaah, dan pengunjung yang mengunjungi dua masjid suci di bulan suci Ramadan," ucapnya.

Raja Salman mengaku bersyukur karena membuat Saudi mampu menghadapi pandemi dan mengurangi dampaknya bagi warga. Raja Salman juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga serta pahlawan Saudi.

"Terima kasih kepada Allah terlebih dahulu, kemudian kepada pekerja di semua lini, sektor, dan kepada warga dan penduduk, yang menunjukkan kesadaran tinggi, komitmen besar, dan kecepatan dalam menanggapi arahan dan instruksi yang terkait dengan pandemi. Akhir kata, kami bangga dengan para pahlawan pemberani kami, dan mereka yang ditempatkan di perbatasan, dan kami berterima kasih kepada warga kami, yang bekerja dengan tulus di sektor militer dan sipil, berdoa kepada Allah SWT untuk memberikan kita kesuksesan dalam semua perbuatan baik, dan untuk melindungi negara kita dari segala kejahatan," ucapnya.

(haf/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT