Rusia Tembak Jatuh 2 Drone Ukraina di Dekat Perbatasan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 16:27 WIB
A Ukrainian border guard patrols the border with Russia not far from Hoptivka village, Kharkiv region, Ukraine, Wednesday, Feb. 2, 2022. Russian President Vladimir Putin is accusing the U.S. and its allies of ignoring Russias top security demands but says Moscow is willing to talk more to ease tensions over Ukraine. (AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Ilustrasi -- Tentara Ukraina berpatroli di dekat perbatasan Rusia (dok. AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Moskow -

Para pejabat di wilayah Rusia yang berbatasan dengan Ukraina mengklaim pasukan Rusia telah menembak jatuh dua pesawat tak berawak atau drone milik Ukraina. Laporan ini disampaikan setelah rentetan ledakan terdengar di tiga wilayah yang dekat dengan perbatasan Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Rabu (27/4/2022), gubernur wilayah Kursk dan Voronezh sama-sama melaporkan bahwa sistem pertahanan udara di wilayah mereka diaktifkan pada malam hari dan menembak jatuh drone-drone.

"Sebuah kendaraan udara tanpa awak milik Ukraina dicegat di udara di atas wilayah Kursk," ujar Gubernur Kursk Roman Starovoyt dalam pernyataan via Telegram.

Starovoyt menambahkan bahwa tidak ada korban jiwa maupun kerusakan akibat hal itu.

Secara terpisah, Gubernur Voronezh Alexander Gusev, juga dalam pernyataan via Telegram, menyebut sistem pertahanan udara di wilayahnya telah 'berhasil menghancurkan' sebuah drone pengintai berukuran kecil. Tidak disebutkan lebih lanjut asal drone tersebut.

Sementara itu di wilayah Belgorod, yang juga berbatasan dengan Ukraina, dinas keamanan domestik Rusia atau FSB menyatakan telah menahan dua warga negara Rusia yang disebut 'bersiap melakukan sabotase terhadap salah satu fasilitas infrastruktur transportasi'.

Disebutkan juga bahwa kedua warga Rusia itu merupakan 'pendukung Nazisme Ukraina'.