11 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kapal Wisata di Jepang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Apr 2022 13:03 WIB
An aerial view shows a Japan Coast Guard helicopter conducts a search and rescue operations for missing people boarded on the missing tour boat
Helikopter penjaga pantai Jepang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di Semenanjung Shiretoko, Hokkaido (Kyodo/via REUTERS)
Tokyo -

Sedikitnya 11 orang dikonfirmasi tewas dalam kecelakaan kapal wisata pada akhir pekan di Jepang. Salah satu korban tewas merupakan seorang anak yang jenazahnya dievakuasi petugas penyelamat pada Minggu (24/4) malam waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Senin (25/4/2022), upaya untuk mencari korban selamat lainnya masih berlanjut.

Kapal wisata bernama Kazu I itu dilaporkan membawa 24 penumpang, termasuk dua anak-anak, dan dua awak ketika mengirimkan sinyal darurat pada Sabtu (23/4) sore waktu setempat. Dilaporkan bahwa kapal wisata itu tetap berlayar di perairan dingin di lepas pantai utara Pulau Hokkaido.

Sepuluh orang ditemukan dan dikonfirmasi tewas pada Minggu (24/4) malam waktu setempat.

Penjaga pantai Jepang menambahkan bahwa pihaknya mengevakuasi seorang anak pada malam yang sama, yang kematiannya dikonfirmasi pada Senin (25/4) pagi waktu setempat.

Kapal wisata itu mengirimkan sinyal darurat dari lepas pantai Semenanjung Shiretoko, Jepang, yang memicu peluncuran operasi pencarian dan penyelamatan segera. Namun lokasi yang terpencil berarti dibutuhkan waktu berjam-jam bagi kapal dan helikopter penjaga pantai Jepang untuk tiba di lokasi.

Semua orang di kapal wisata itu dilaporkan mengenakan jaket pelampung, namun harapan menemukan korban selamat semakin memudar karena suhu dingin di lautan yang diperkirakan mencapai 2-3 derajat Celsius.