Rusia Akui 1 Awak Tewas-27 Lainnya Hilang Usai Kapal Perang Karam

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Apr 2022 10:09 WIB
The Russian Navys guided missile cruiser Moskva sails back into a harbour after tracking NATO warships in the Black Sea, in the port of Sevastopol, Crimea November 16, 2021. REUTERS/Alexey Pavlishak/File Photo
Kapal perang Rusia, Moskva, dalam foto di pelabuhan Sevastopol, Crimea, pada November 2021 (dok. REUTERS/Alexey Pavlishak/File Photo)
Moskow -

Rusia mengakui satu awaknya tewas dan 27 awak lainnya masih hilang setelah kapal penjelajah rudal Moskva yang menjadi andalannya karam di Laut Hitam. Rusia bersikeras menyebut kapal perang itu terbakar usai dilanda ledakan amunisi, sedangkan Ukraina mengklaim telah menyerang kapal itu dengan rudal.

Terlepas dari itu, seperti dilansir AFP, Sabtu (23/4/2022), pernyataan terbaru dari Kementerian Pertahanan Rusia ini menjadi pengakuan pertama yang disampaikan terkait kerugian yang diderita usai karamnya kapal perang yang menjadi simbol kekuatan militer Rusia di Laut Hitam itu.

Kepal perang Moskva disebut telah memimpin upaya Angkatan Laut Rusia dalam konflik selama nyaris dua bulan terakhir di Ukraina. Kapal itu diklaim telah memainkan peran sentral dalam pengepungan kota pelabuhan Mariupol.

Setelah kapal perang Moskva dinyatakan tenggelam, para orang tua dan anggota keluarga dari para awak kapal itu -- termasuk para tentara wajib militer -- meluapkan rasa putus asa dan kesedihan mereka via media sosial. Beberapa menyebut anak-anak mereka hilang dan membutuhkan jawaban jelas soal insiden itu.

"Akibat kebakaran pada 13 April, kapal penjelajah rudal Moskva mengalami kerusakan parah akibat ledakan amunisi," demikian pernyataan terbaru Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip kantor-kantor berita Rusia pada Jumat (22/4) tengah malam waktu setempat.

"Satu prajurit tewas, sebanyak 27 awak lainnya hilang," sebut Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataannya.

Ditambahkan bahwa 'sekitar 396 anggota yang tersisa' telah dievakuasi.

Simak Video 'Usir Rusia dari Kharkiv, Prajurit Ukraina Tembakkan Senjata MLRS Grad':

[Gambas:Video 20detik]