ADVERTISEMENT

Malaysia Buru Ratusan Migran Rohingya yang Kabur dari Tahanan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 17:26 WIB
Ilustrasi penjara
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/Fahroni)
Kuala Lumpur -

Otoritas Malaysia masih memburu ratusan migran Rohingya yang kabur dari pusat tahanan imigrasi di wilayahnya. Dari total 528 tahanan yang kabur, sudah lebih dari 360 orang yang berhasil ditangkap kembali.

Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (20/4/2022), Direktur Jenderal Departemen Imigrasi Malaysia, Khairul Dzaimee Daud, menyebut ada 528 tahanan yang kabur dari fasilitas tahanan sementara milik Departemen Imigrasi di Penang. Insiden itu terjadi pada Rabu (20/4) pagi, sekitar pukul 04.30 waktu setempat.

Fasilitas tahanan imigrasi itu terletak dekat perbatasan negara bagian Kedah dan Penang. Fasilitas semacam itu diketahui menjadi tempat penampungan imigran ilegal dan dilaporkan memiliki kondisi yang buruk.

Khairul menyebut perburuan terhadap para tahanan yang masih kabur itu tengah dilakukan oleh personel gabungan dari kepolisian, Korps Relawan (RELA) dan anggota masyarakat.

"Hingga pukul 10.00 pagi ini, 362 tahanan berhasil ditangkap kembali, dan operasi untuk mencari tahanan lainnya tengah dilakukan," jelas Khairul.

Dia juga mengimbau masyarakat yang memiliki informasi soal keberadaan tahanan yang kabur untuk melaporkannya kepada Departemen Imigrasi atau pihak kepolisian.

Laporan media lokal Malaysia, The Star, menyebut insiden kaburnya para tahanan itu berawal dari aksi protes yang berubah menjadi kerusuhan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT