ADVERTISEMENT

Bentrokan Demonstran Palestina Vs Polisi Israel Pecah di Masjid Al-Aqsa

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 13:37 WIB
Israeli security forces take position during clashes with Palestinians demonstrators at the Al Aqsa Mosque compound in Jerusalems Old City, Friday, April 15, 2022. (AP Photo/Mahmoud Illean)
Bentrokan di Masjid Al-Aqsa (Foto: AP/Mahmoud Illean)
Yerusalem -

Demonstran Palestina dan polisi Israel terlibat bentrok di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem. Ada tujuh orang terluka akibat bentrokan itu.

"Tujuh orang yang terluka dibawa ke rumah sakit untuk dirawat karena cedera tubuh bagian atas," kata seorang anggota Bulan Sabit Merah Palestina seperti dilansir dari AFP, Jumat (15/4/2022).

Saksi mata mengatakan pengunjuk rasa Palestina melemparkan batu ke pasukan keamanan Israel. Aksi itu dibalas tembakan peluru karet ke beberapa demonstran.

Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga Islam. Orang-orang Yahudi menyebutnya sebagai Temple Mount, merujuk pada dua kuil yang dikatakan berdiri di sana pada zaman kuno. Kompleks itu berada di jantung konflik Israel-Palestina, termasuk dalam Yerusalem timur yang dicaplok Israel.

Tahun lalu selama Ramadan, bentrokan yang berkobar antara pasukan Israel dan warga Palestina yang mengunjungi kompleks masjid menyebabkan konflik selama 11 hari antara Israel dan penguasa Jalur Gaza, Hamas.

Sebelum Ramadan tahun ini, Israel dan Yordania, yang berfungsi sebagai penjaga tempat-tempat suci di Yerusalem timur, meningkatkan pembicaraan dalam upaya untuk menghindari kekerasan serupa.

Bentrokan hari Jumat pagi ini terjadi setelah tiga minggu kekerasan dan ketegangan yang membara di negara Yahudi itu.

Israel dikejutkan oleh serangkaian serangan -- beberapa dilakukan oleh warga Arab Israel yang terkait atau diilhami oleh kelompok ISIS, yang lain oleh warga Palestina, dan didukung oleh kelompok-kelompok militan termasuk Hamas dan Jihad Islam.

Sebanyak 14 orang tewas dalam empat serangan sejak 22 Maret, termasuk penembakan di Bnei Brak, sebuah kota Yahudi Ortodoks di Tel Aviv, yang dilakukan oleh penyerang Palestina dari Jenin. 21 warga Palestina tewas pada waktu itu, termasuk penyerang yang menargetkan warga Israel.

Simak juga video 'Tentara Israel Tembak Seorang Pria Palestina di Tepi Barat':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT