Indonesia Tuntut Upah Minimum ART Rp 5 Juta, Malaysia Kasih Rp 4 Juta

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 14 Apr 2022 11:50 WIB
Person
Ilustrasi asisten rumah tangga atau ART (dok. Getty Images/iStockphoto/byryo)
Kuala Lumpur -

Pemerintah Malaysia tidak bisa menyepakati gaji asisten rumah tangga (ART) asal Indonesia sebesar 1.500 Ringgit atau setara Rp 5 juta sesuai dengan nota kesepahaman (MoU) dengan Indonesia. Malaysia menyatakan gaji untuk ART Indonesia akan disesuaikan dengan upah minimum di negara tersebut.

Seperti dilansir New Straits Times, Kamis (14/4/2022), Menteri Urusan Tenaga Kerja Malaysia, M Saravanan, menyatakan pemerintah Malaysia tidak bisa memenuhi tuntutan pemerintah Indonesia agar ART dari Indonesia dibayar dengan gaji minimum 1.500 Ringgit.

Saravanan menjelaskan bahwa gaji untuk ART Indonesia akan dimulai pada 1.200 Ringgit (Rp 4 juta) yang sesuai dengan persyaratan upah minimum di Malaysia.

Namun, dia menambahkan bahwa para majikan, atas kebijaksanaan mereka sendiri, bisa memberikan gaji sebesar 1.500 Ringgit atau lebih jika mereka menginginkannya.

"Ketika kami membahas (dengan Indonesia), meskipun saya menyukai gagasannya, saya tidak bisa sepakat dengan 1.500 Ringgit karena upah minimum kami adalah 1.200 Ringgit (pada saat itu," sebut Saravanan dalam penjelasannya.

Meskipun ada tekanan dari Indonesia, tidak mungkin mencapai gaji minimum sebesar 1.500 Ringgit untuk ART.

"Itu bisa dimulai dengan 1.200 Ringgit, tapi jika majikan ingin membayar 1.500 Ringgit, mereka bisa melakukannya," imbuhnya.

Tonton juga Video: Tok! Mantan ART Nindy Ayunda Divonis 6 Bulan Penjara

[Gambas:Video 20detik]