ADVERTISEMENT

Israel Bikin Tepi Barat Memanas Lagi, 10 Orang Terluka

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 15:36 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)

Operasi baru itu dilakukan menjelang pemakaman tiga warga sipil Israel yang tewas di Tel Aviv, yang diperkirakan akan digelar Minggu (10/4) malam di kota Kfar Saba dan di kibbutz Ginosar.

Kelompok Hamas yang menguasai Gaza dan Jihad Islam memuji serangan-serangan di Tel Aviv -- memicu kritik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) -- namun mereka tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan-serangan itu.

Kekerasan baru-baru ini terjadi di tengah ketegangan yang meningkat selama Ramadhan, setelah kekerasan berkobar selama bulan suci umat Islam tahun lalu yang menyebabkan 11 hari konflik yang menghancurkan antara Israel dan militan Palestina di Jalur Gaza yang dikuasai Hamas.

Setelah serangan hari Kamis, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett memberi badan-badan keamanan "kebebasan penuh" untuk membatasi lonjakan tindakan kekerasan sejak 22 Maret lalu.

"Tidak ada dan tidak akan ada batasan untuk perang ini," kata Bennett.

"Kami memberikan kebebasan penuh dalam bertindak untuk militer, Shin Bet (dinas keamanan domestik) dan semua pasukan keamanan demi mengalahkan teror," ujarnya.


(izt/izt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT