ADVERTISEMENT

Israel Bikin Tepi Barat Memanas Lagi, 10 Orang Terluka

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 15:36 WIB
Ilustrasi penembakan tentara Israel
Ilustrasi (Foto: Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Pasukan Israel melancarkan serangan baru ke distrik Jenin di Tepi Barat. Distrik itu diketahui merupakan kediaman orang-orang bersenjata yang melancarkan penembakan di Tel Aviv beberapa waktu lalu.

Dilansir AFP, Minggu (10/4/2022) Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sedikitnya 10 orang terluka dalam bentrokan di Jenin serta di Jericho dan Tulkarem. Sementara menurut kelompok tahanan Palestina, ada 24 penangkapan yang dilakukan tentara Israel di berbagai kota di Tepi Barat.

Diketahui militer Israel mengakui operasi militer tengah berlangsung di kamp Jenin, yang juga menjadi markas kuat faksi bersenjata Palestina di Tepi Barat bagian Utara.

"Pasukan saat ini beroperasi di kota Jenin," kata tentara Israel dalam sebuah pesan singkat.

Operasi militer itu terjadi setelah seorang pria bersenjata dari Jenin melakukan penembakan di distrik kehidupan malam populer di Tel Aviv, Kamis (7/4) malam waktu setempat dan menewaskan tiga orang Israel dan melukai belasan orang lainnya.

Pada Jumat (8/4) Israel mengatakan pihaknya telah membunuh tersangka penembak, yaitu Raad Hazem (28).

Total 14 orang tewas dalam rentetan serangan di Israel sejak 22 Maret, termasuk beberapa serangan yang dilakukan orang-orang yang berkaitan atau terinspirasi oleh kelompok radikal Islamic State (ISIS).

Selama periode yang sama, setidaknya 10 warga Palestina telah tewas, termasuk para tersangka penyerangan.

Tentara Israel dan polisi perbatasan sebelumnya telah menggerebek kamp pengungsi Jenin pada hari Sabtu (9/4). Penggerebekan menewaskan seorang anggota Jihad Islam Palestina berusia 25 tahun.

Israel juga telah membatasi akses ke Jenin, menutup penyeberangan Israel dan meningkatkan pemeriksaan keamanan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT