ADVERTISEMENT

Menhan Israel Bertemu Raja Yordania, Bahas Apa?

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Mar 2022 11:03 WIB
Jordans King Abdullah II meets with the Israeli Defence Minister Benny Gantz in Amman, Jordan March 29, 2022. Jordanian Royal Palace/Handout via Reuters
Pertemuan antara Menhan Israel Benny Gantz dengan Raja Yordania Abdullah II di Amman (Jordanian Royal Palace/Handout via Reuters)
Amman -

Menteri Pertahanan (Menhan) Israel Benny Gantz bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II dalam kunjungan ke Amman, Yordania. Pertemuan ini menjadi bagian dari upaya bersama untuk mengurangi ketegangan antara Israel dan Palestina, khususnya menjelang bulan Ramadan.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (30/3/2022), pernyataan otoritas Israel menyebut bahwa pembicaraan antara Gantz dan Raja Abdullah itu fokus pada 'tantangan kawasan dan keamanan'.

Pertemuan itu menyusul pertemuan puncak selama dua hari di Israel yang dihadiri oleh para Menteri Luar Negeri (Menlu) dari Uni Emirat Arab, Bahrain, Maroko, dan Mesir, serta Menlu AS Antony Blinken.

Sementara para menteri negara-negara Arab berkumpul di Israel, Raja Abdullah melakukan kunjungan langka pada Senin (28/3) waktu setempat ke Tepi Barat yang diduduki Israel. Di sana, Raja Abdullah melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Kunjungan Raja Yordania itu dipandang secara luas sebagai upaya mencegah gejolak di Tepi Barat dan Yerusalem Timur sebelum bulan suci Ramadan sebentar lagi dan liburan Paskah bulan depan -- periode yang bergejolak di masa lalu.

Di Amman, menurut otoritas Israel, Gantz membahas 'langkah-langkah yang direncanakan Israel untuk memungkinkan kebebasan berdoa di Yerusalem dan Yudea dan Samaria' -- Israel menggunakan nama-nama Alkitab yang merujuk pada Tepi Barat.

Simak Video 'Menlu Negara-negara Arab Ramai Datang ke Israel, Bahas Apa?':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT