Kanada Bakal Beli 88 Jet Tempur F-35 Buatan AS

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 29 Mar 2022 02:28 WIB
Angkatan Udara Israel baru saja menerima tiga unit jet tempur siluman F-35 yang baru dari Amerika Serikat (AS). Begini penampakan jet tempur siluman tersebut.
Foto: Jet tempur siluman F-35 (Ministry of Defence via Getty Images )
Ottawa -

Kanada berencana memperbaharui alat pada sistem pertahanan mereka. Mereka berencana untuk membeli jet tempur F-35 buatan Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari AFP, Kanada mengumumkan rencana tersebut pada Senin (28/3/2022) waktu setempat. Dia berencana membeli sebanyak 88 armada jet tempur siluman F35.

Rencananya, pengiriman akan dilakukan pada awal tahun 2025. Menteri Pertahanan Anita Anand menyampaikan alasan pemilihan F-35.

"(F-35)telah terbukti menjadi pesawat yang matang, mampu dan interoperable dan itulah sebabnya kami pindah ke tahap finalisasi pengadaan ini," kata Menteri Pertahanan Anita Anand pada konferensi pers bersama dengan Menteri Pengadaan Filomena Tassi.

Kanada menghabiskan dua dekade membantu mengembangkan pesawat tempur siluman dengan Amerika Serikat dan sekutunya. Tetapi Perdana Menteri Justin Trudeau ketika ia berkuasa pada tahun 2015 membatalkan kontrak sebelumnya untuk membeli F-35, menyebutnya terlalu mahal.

Investasi di militer, menurut pernyataan pemerintah pada hari Senin, akan menjadi yang paling signifikan dalam lebih dari 30 tahun.

Peran sentral pesawat baru adalah untuk berpatroli di wilayah udara Amerika Utara dengan Angkatan Udara AS di bawah NORAD.

Simak juga 'Akhirnya Kanada ke Piala Dunia Lagi':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)