International Updates

Rudal Balistik Korut Mendarat di Jepang, Ukraina Hancurkan Kapal Rusia

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 19:42 WIB
Korea Utara mengklaim sukses menguji coba tipe terbaru rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Seperti apa penampakannya? Ini fotonya.
ilustrasi peluncuran rudal balistik Korea Utara (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM) Korea Utara (Korut) yang ditembakkan pada Kamis (24/3) sore waktu setempat mendarat di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang, di sebelah barat pantai utara negara itu.

"Analisis kami saat ini menunjukkan bahwa rudal balistik terbang selama 71 menit dan sekitar 15:44, itu mendarat di perairan dalam Zona Ekonomi Eksklusif Jepang di Laut Jepang sekitar 150 kilometer barat semenanjung Oshima, Hokkaido," kata Makoto Oniki, Menteri Pertahanan Jepang seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (24/3/2022).

"Mengingat rudal balistik kali ini terbang di ketinggian lebih dari 6.000 km, jauh lebih tinggi dari ICBM Hwasong-15 yang diluncurkan pada November 2017, rudal yang hari ini diyakini sebagai ICBM baru," tambahnya.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Kamis (24/3/2022):

- Rudal Korut Mendarat di Zona Ekonominya, Jepang: Tak Bisa Dimaafkan!

Korea Utara (Korut) menembakkan rudal balistik jarak jauh pada hari Kamis (24/3) yang mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang. Sebuah langkah yang diperkirakan akan secara dramatis meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Pemerintah Jepang mengecam tindakan Korut tersebut dan menyebutnya "tak bisa dimaafkan".

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (24/3/2022), pihak Penjaga Pantai Jepang mengatakan rudal yang diyakini sebagai rudal balistik antarbenua (ICBM) itu mendarat sekitar 170 km sebelah barat Cape Tappi, Prefektur Aomori. Itu artinya, rudal tersebut mendarat di dalam wilayah zona ekonomi eksklusif Jepang, yang membentang 200 mil laut (370 km) dari pantainya.

- Inggris Kirim Lagi 6 Ribu Rudal untuk Bantu Ukraina Perangi Rusia

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa Inggris akan kembali mengirim 6.000 rudal dan bantuan keuangan senilai £ 25 juta untuk militer Ukraina guna membantu memerangi pasukan Rusia.

Dilansir dari kantor berita AFP, Kamis (24/3/2022), pengumuman pendanaan dan perangkat keras militer tambahan, yang terdiri dari senjata anti-tank dan peledak itu disampaikan menjelang KTT NATO dan G7 yang akan membahas invasi Rusia.

Simak Video: Korea Utara Makin Sering Tembakkan Rudal

[Gambas:Video 20detik]