Menlu China Tiba di Kabul untuk Bertemu Taliban

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 24 Mar 2022 14:36 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Foto: Internet/ebcitizen.com
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi tiba di Kabul, Afghanistan pada hari Kamis (24/3). Kunjungan ini dilakukan seminggu sebelum Beijing menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara tetangga Afghanistan untuk melihat bagaimana mereka dapat membantu negara itu menyusul pengambilalihan oleh kelompok Taliban.

"Menteri Luar Negeri China tiba di Kabul untuk berbicara dengan para pemimpin Emirat Islam," tulis Ahmad Yasir, seorang pejabat tinggi pemerintah Taliban di Twitter seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (24/3/2022).

Yi tiba di Kabul dari Islamabad, Pakistan di mana dia menghadiri pertemuan dua hari Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Segera setelah kedatangannya, Menlu China itu mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi.

China berbagi perbatasan 76 kilometer (47 mil) dengan Afghanistan, tetapi Beijing telah lama khawatir tetangganya bisa menjadi basis bagi separatis minoritas Muslim Uighur dari Xinjiang.

Bahkan sebelum pengambilalihan Afghanistan pada 15 Agustus oleh Taliban, Beijing telah berusaha mempertahankan hubungan dengan kelompok itu ketika pasukan Amerika Serikat mundur dari Afghanistan.

Beijing akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara tetangga Afghanistan minggu depan, yang akan memungkinkan Taliban untuk mempresentasikan penilaian mereka sendiri tentang situasi terbaru di negara itu.

Laporan media mengatakan bahwa selama pertemuan tersebut para pejabat China dan Pakistan diperkirakan akan membahas proyek-proyek ekonomi baru di Afghanistan.

(ita/ita)